Wonderful Indonesia, Pesta Danau Kelimutu Dirayakan Sepekan Penuh

Wonderful Indonesia, Pesta Danau Kelimutu Dirayakan Sepekan Penuh
Upacara Wela Kamba yang mengawali Sepekan Pesta Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, NTT. Foto: Timor Express/JPG

jpnn.com - ENDE - Indonesia kembali punya atraksi buatan manusia (man-made) yang dikemas dalam bingkai nature dan culture secara bersamaan di salah satu destinasi wisata tanah air. Yakni perhelatan Sepekan Pesta Danau Kelimutu 2016.

Perhelatan itu berlangsung pada 8-13 Agustus lalu di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pembukaan Festival Danau Kelimutu 2016 ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Ir. Marselinus Y.W Petu, Rabu (10/8).

Dalam acara pembukaan Festival Danau Kalimutu itu Marselinus mengungkapkan betapa besar potensi wisata yang ada di Kabupaten Ende. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, dan buatan manusia.

”Sepekan Pesta Danau Kelimutu itu even yang sangat menarik, dan kami punya tiga agenda utama di acara ini, saat ini sedang berlangsung dan sangat meriah,” ujar Kepala Dinas Pariwistaa NTT, Marius Ardu Jerami.

Ketiga agenda utama itu adalah pelepasan Parade Budaya Nusantara pada 10 Agustus 2016 dengan titik start di halaman Kantor Bupati dan finis di jalan Soekarno atau di Km 0.

Selain itu, imbuh Marius, juga ada pelepasan Trekking Kelimutu pada 12 Agustus 2016 bertempat di jkawasan Taman Nasional Kelimutu. ”Sedangkan yang ketiga adalah pembukaan Kelimutu Expo yang sudah diselenggarakan pada tanggal 10 Agustus 2016 dan pengunjungnya sangat membeludak,” ujarnya.

Lantas apa saja yang dijual pada perhelatan ini? Marius menjelaskan, Sepekan Pesta Danau Kelimutu merupakan event budaya tahunan masyarakat Kabupaten Ende yang mengenalkan dan menonjolkan budaya etnis Lio.

”Target jumlah kunjungan wisman pada Sepekan Pesta Danau Kelimutu sebanyak 3.000 wisman, sementara target jumlah perjalanan wisnus pada Sepekan Pesta Danau Kelimutu sebanyak 7.000 perjalanan. Semoga ini semua bisa tercapai. Kami juga ucapkan terima kasih banyak atas dukungan Kemenpar sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik,” ujarnya.

ENDE - Indonesia kembali punya atraksi buatan manusia (man-made) yang dikemas dalam bingkai nature dan culture secara bersamaan di salah satu destinasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News