Wonderful Indonesia, Pamor Festival Lembah Baliem Makin Mendunia

Wonderful Indonesia, Pamor Festival Lembah Baliem Makin Mendunia
Atraksi perang-perangan ditampilkan sekelompok masyarakat pada pembukaan Festival Budaya Lembah Baliem ke-27 yang digelar di Distrik Walesi, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (8/8). Foto: Cenderawasih Pos/JPG

jpnn.com - WAMENA – Pamor Festival Budaya Lembah Baliem bakal makin kesohor di dunia. Senin pekan lalu (8/8), tujuh duta besar masing-masing dari Swis, Italia, Armenia, Hungaria, Bulgaria, Mexico dan India ikut menyaksikan opening ceremony festival tertua yang ada di jantung Papua itu.

Para dubes negara sahabat itu tidak sendirian. Mereka juga memboyong media-media dari negaranya masing-masing.

Bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo pun girang dengan respons para dubes yang rela jauh-jauh berkunjung ke daerahnya demi Festival Budaya Lembah Baliem. Ia sangat berharap event di daerahnya akan semakin kondang di mancanegara.

“Semuanya membawa tim media dari negara masing-masing. Ini menandakan Festival Lembah Baliem sudah mendunia. Tujuh duta besar sampai rela datang jauh-jauh ke Papua, khusus untuk acara ini saja,” katanya.

John mengatakan, even itu menyajikan berbagai atraksi yang dikemas lebih menarik. Maklum, mulai tahun ini, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya menggandeng event organizer papan atas nasional. Ada PT. Artetika Media Kualita yang ikut dilibatkan.

Kehadiran EO itu diyakini bisa membuat Festival Budaya Lembah Baliem kali ini lebih menarik dan berbeda dari penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya. “Tampilannya jauh lebih bagus, berbobot dan berkualitas,” tambah John.

Acara wajib yang telah menjadi ciri khas Festival Lembah Baliem tetap dipertahankan. Itu artinya, tarian perang-perangan, bakar batu, lomba tiup alat musik pikon yang juga melibatkan turis mancanegara, karapan babi, lempar sege atau tombak yang melibatkan 40 distrik di Kabupaten Jayawijaya juga tetap ada.

Lalu apa warna barunya? “Yang baru adalah atraksi terjun payung oleh TNI AU dari Biak. Pasukan TNI membawa bendera Merah Putih dan bendera Festival Lembah Baliem raksasa. Setelah itu disambung dengan tarian kolosal 400 anggota TNI,” ungkap John.

WAMENA – Pamor Festival Budaya Lembah Baliem bakal makin kesohor di dunia. Senin pekan lalu (8/8), tujuh duta besar masing-masing dari Swis,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News