GAWAT! Titik Api Karhutla di Daerah Ini Meningkat Tajam

GAWAT! Titik Api Karhutla di Daerah Ini Meningkat Tajam
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Titik panas (hotspot) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Barat meningkat secara signifikan dalam seminggu terakhir. ‎Bahkan Satelit Modis dari NASA mendeteksi jumlahnya mencapai pada Jumat pagi (19/8). Padahal sebelumnya pada Kamis (18/8) hanya 106 titik.

Menurut Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, atas kondisi tersebut ‎Gubernur Kalimantan Barat telah menetapkan siaga darurat karhutla sejak Juni hingga September mendatang.

"Untuk mengatasi hotspot kebakaran hutan dan lahan yang meluas, Gubernur Kalbar juga telah mengajukan surat permintaan kepada BNPB agar dibantu helikopter water bombing, hujan buatan dan helikopter patroli," ujar Sutopo, Jumat (19/8).

Atas permintaan tersebut, BNPB kata Sutopo, menyiapkan 2 helikopter water bombing. Namun demikian untuk perizinan terbangnya masih diproses ke Kementerian Perhubungan.

"BPPT menyiapkan pesawat terbang Casa TNI AU dan bahan semai untuk hujan buatan. Diperkirakan hujan buatan dapat dilakukan minggu depan,” ujar Sutopo.

Menurut Sutopo, ‎kterbatasan pesawat terbang menyebabkan operasi hujan buatan seringkali terkendala. Karena itu untuk mengcover wilayah Kalimantan yang begitu luas, diperlukan pesawat Hercules C-130 yang mampu menjelajah luas dan membawa  bahan semai 8 ton untuk hujan buatan.‎(gir/jpnn)


JAKARTA - Titik panas (hotspot) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Barat meningkat secara signifikan dalam seminggu terakhir. ‎Bahkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News