Ini Target Tuan Rumah di PON XIX

Ini Target Tuan Rumah di PON XIX
Ini Target Tuan Rumah di PON XIX

jpnn.com - BANDUNG – KONI Kota Bandung menargetkan 107 medali pada PON XIX September mendatang di Jabar. Sebagai tuan rumah, target tersebut dinilai tidak muluk-muluk.

“Kami targetkan 40 persen raihan medali dari medali yang diperebutkan di PON XIX nanti. Dengain raihan emas minimal 42,” ujar Ketua KONI Kota Bandung, Aan Juhana, kepada wartawan, Kamis (25/8).

Untuk cabang olah raga Aan mengatakan, ada 44 cabor, dan 55 sub cabor, ada satu cabor yang memiliki beberapa Sub cabor, seperti cabor renang, punya sub seperti renang indah dan polo air. Sedangkan jumlah atlet dan pelatih yang ikut serta sebanyak 462 orang. “Jadi setidaknya kita bisa mempertahankan prestasi saat PON Riau. Lebih baik lagi jika kita meraih juara umum,” tegasnya.

Beberapa cabor yang diunggulkan dalam PON kali ini diantaranya, bela diri seperti judo, tarung drajat, pencak silat. Selain itu, juga panahan, basket dan voli.

Sementara itu, untuk hadiah dan bonus yang diberikan kepada atlet peraih mendali, Aan mengatakan harus diusahakan lebih besar, atau minimal sama dengan hadiah yang diberikan pada Pekan Olah raga daerah (Porda) sebelum ini. Para peraih medali saat porda, mendapatkan bonus, untuk emas Rp 31 juta, Perak Rp 20 juta dan perunggu Rp 10 juta. “Kami menginginkan bisa memberikan lebih dari itu,” terangnya.

PascaPON, lanjut Aan, pihaknya akan mengikat para atlet agar tidak mudah diambil oleh daerah lain. “Karena kan dalam waktu dekat akan ada Porda di Bogor. Jadi banyak daerah yang mencari atlet unggulan walau dari daerah lain,” katanya.

Karenanya, Kota Bandung akan memberikan beberapa keistimewaan kepada para atlet unggulan. Seperti fasilitas transportasi, uang saku. Bea siswa untuk para pelajar. Dan kemudahan untuk mencari pekerjaan terutama jika sudah tidak menjadi atlet. “Saya sudah membicarakan ini dengan wali kota,” tambahnya.

Disinggung masalah anggaran, KONI Kota Bandung mendapatkan anggaran sebesar Rp23,2 miliar. Jumlah ini menurut Aan masih sangat kurang, terutama untuk pembinaan. “Karena jika kita menampung kebutuhan setiap cabang olah raga, kami membutuhkan biaya sebesar Rp70 miliar,” terangnya.

BANDUNG – KONI Kota Bandung menargetkan 107 medali pada PON XIX September mendatang di Jabar. Sebagai tuan rumah, target tersebut dinilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News