Menpar Arief Yahya Ajak Pengusaha Tiongkok Garap Potensi Pariwisata Indonesia

Menpar Arief Yahya Ajak Pengusaha Tiongkok Garap Potensi Pariwisata Indonesia
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA – Atmosfer Agustusan dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71 masih terasa. Nuansa Agustusan bahkan terasa di Shanghai, Tiongkok.

Sedikitnya 250 pengusaha dari Indonesia dan mitranya di Tiongkok memaknai perayaan HUT Kemerdekaan RI dengan mengundang Menteri Pariwisata Arief Yahya, 26-27 Agutus 2016. Mereka berdiskusi dan membangun business opportunity di sektor pariwisata Indonesia yang ibarat kuncup bunga tak lama lagi bakal merekah indah berwarna-warni.

Arief mengatakan, masa depan destinasi pariwisata dunia dan industri kreatif ada di Indonesia. Untuk kekayaan alam dan budaya, katanya, Indonesia adalah rajanya.

“Nature-nya, tidak perlu bertegang nadi untuk berdebat. Silakan lihat dan buktikan sendiri dari ujung Sabang di NAD (Nangroe Aceh Darussalam) sampai Raja Ampat Papua Barat, destinasi kami selalu masuk dalam Top 20 dunia oleh lembaga pemeringkat mana pun,” ujar Arief Grand Hyatt Shanghai, Jin Mao Tower, Jumat (26/8).

Soal kulutur, Indonesia juga jawaranya. Data yang dipetik Menpar Arief Yahya menunjukkan mayoritas atau 60 persen wisatawan mancanegara (wisman) terbang ke Indonesia karena ingin menikmati sentuhan kultur.

Sedangkan yang 35 persen karena faktor nature atau alam, baik wisata bahari yang meliputi coastal zone, underwater zone, sea zone, maupun non-bahari seperti gunung, hutan, danau, geopark, dan lainnya. “Kami berdiskusi soal peluang untuk berinsvestasi di bidang pariwisata di Indonesia,” kata Arief.

Momentum itu sekaligus untuk memperingati 67 tahun hubungan diplomatik RI-RRT. Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar, Vincensus Jemadu mengatakan, Menpar Arif akan akan hadir sebagai nara sumber di INACHAM atau Indonesia Chamber of Commerce di Tiongkok.

INACHAM yang berdiri 13 April 2015 lalu di Beijing, merupakan satu-satunya kamar dagang resmi Indonesia di RRT. “INACHAM terdiri dari dari beberapa komisi yang mencerminkan visi dan misi organisasi, untuk menjadi wadah kegiatan ekonomi, social, budaya, masyarakat Indonesia, terbuka untuk pebisnis maupun professional dan bebas dari kepentingan politik,” ujar Vincensus.

JAKARTA – Atmosfer Agustusan dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71 masih terasa. Nuansa Agustusan bahkan terasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News