DPR Ultah ke-71, Mayoritas Anggotanya Membolos

DPR Ultah ke-71, Mayoritas Anggotanya Membolos
Suasana sidang paripurna DPR dalam rangka ulang tahunnya ke-71 di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/8). Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - DPR menggelar sidang pari purna pada hari ini (29/8) dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-71. Paripurna itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Namun, saat Fadli membuka sidang, hanya ada 227 anggota DPR yang hadir di paripurna. Total ada 328 anggota DPR yang absen. Ada yang membolos tanpa keterangan, tapi ada pula yang izin.

Sembari sidang berjalan, satu dua orang anggota DPR ada yang datang terlambat.  Padahal, acara itu dihadiri dua mantan ketua DPR yang menghadiri paripurna itu. Yakni Akbar Tandjung dan Agung Laksono.

Namun, suasana ruang sidang hingga hingga Ketua DPR Ade Komarudin menyelesaikan pidatonya, masih banyak kursi kosong. Akom-sapaan Ade- pada awal pidatonya mengatakan, DPR selama kurun waktu 71 tahun telah bertransformasi sebanyak lima kali melewati tiga masa pemerintahan dengan dua bentuk sistem yang berlaku.

Hal itu dimulai dari DPR Sementara paska-kemerdekaan, sampai era reformasi. "Transformasi lembaga perwakilan kita adalah wujud dari bertumbuhnya kehidupan demokrasi bangsa, menyesuaikan dengan realita politik dan sosial dari masa ke masa," kata Akom.(fat/jpnn)

Daftar hadir saat sidang dibuka pada Senin (29/8) yang dihadiri 227 dari 555 anggota DPR:

PDIP (hadir 60 dari 109)
Golkar (hadir 50 dari 91)
Gerindra (hadir 40 dari 73)
Demokrat (hadir 30 dari 61)
PAN (hadir 14 dari 48)
PKB (hadir 3 dari 47)
PKS (hadir 6 dari 40)
PPP (hadir 10 dari 39)
Nasdem (hadir 10 dari 36)
Hanura (hadir 4 dari 16)

 


JAKARTA - DPR menggelar sidang pari purna pada hari ini (29/8) dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-71. Paripurna itu dipimpin oleh Wakil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News