Pembangunan Tol Soroja Meleset Jauh dari Target

Pembangunan Tol Soroja Meleset Jauh dari Target
Pembangunan Tol Soroja Meleset Jauh dari Target

jpnn.com - BANDUNG - Pembangunan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) dipastikan meleset dari target. Sebelumnya digadang-gadang akan rampung sebelum Pekan Olahraga Nasional (PON)XIX/2016, ternyata hingga saat ini pengerjaannya baru 56 persen.

Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON XIX/2016 Jabar Iwa Karniwa mengatakan, Tol Soroja yang semula akan menjadi akses utama ke Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung tidak akan rampung sebelum pelaksanaan PON. Bahkan, hingga kini, empat jembatan yang melintas di sepanjang Tol Soroja sama sekali belum dapat dilalui kendaraan. 

Keempat jembatan tersebut adalah jembatan di Cibeureum, Cidano, Citarum, dan Ciwidey. Jembatan Citarum menjadi yang terpanjang dengan sekitar 160 meter. 

"Menurut kontraktornya, kemungkinan hanya tiga jembatan yang bisa selesai sebelum PON yaitu Cibeureum, Cidano dan Citarum. Jembatan Ciwidey baru bisa selesai November mendatang seperti janji kontraktornya," kata Iwa saat memantau Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung.

Meski begitu, kata Iwa, PB PON sudah menyiapkan sejumlah skenario pengaturan akses jalan untuk menunjang kelancaran para atlet dan yang akan bertanding di kawasan Stadion Si Jalak Harupat. Iwa menjamin akses para atlet yang menuju 10 venue PON yang terletak di kawasan Stadion Jalak Harupat tidak akan terganggu.

Perjalanan atlet ke stadion tersebut akan diberikan pengawalan khusus sehingga tidak terganggu kemacetan. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan skenario lain seperti penggunaan jalur lama Kopo yang juga dilengkapi dengan penjagaan petugas.

"Opsi lainnya nanti rombongan atlet keluar pintu Tol Kopo kemudian belok ke arah Taman Kopo, lalu masuk Tol Soroja. Nanti akan diatur sedemikian rupa sekaligus bisa meminimalisir dampak kemacetan terhadap masyarakat," bebernya.

Iwa menyebut, meski belum rampung seluruhnya, sebagian Jalan Tol Soroja sudah bisa digunakan khususnya dari Kopo ke arah Soreang. Namun, ini tidak dibuka untuk umum melainkan hanya untuk keperluan akses para atlet dan ofisial tim.

BANDUNG - Pembangunan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) dipastikan meleset dari target. Sebelumnya digadang-gadang akan rampung sebelum Pekan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News