Yuk, Berpetualang di Pulau Sumba Lewat Festival Adventure Indonesia

Yuk, Berpetualang di Pulau Sumba Lewat Festival Adventure Indonesia
Danau Weekuri di Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi NTT. Foto: Timor Express/JPG

jpnn.com - JAKARTA - Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal punya kerja besar lagi. Untuk ketiga kalinya, provinsi yang beribu kota di Kupang itu akan menggelar Festival Adventure Indonesia 2016.

Event itu untuk mengajak pengunjung menjelajahi Pulau Sumba. Kegiatan bertema Jelajah Tanahumba itu akan berlangsung 6 hari penuh pada 10-15 September 2016 di Pulau Sumba, NTT.

”Jelajah Tanahumba ini diharapkan dapat mengenalkan pulau indah tersebut melalui beragam potensi pariwisata dan juga aktivitas luar ruang dan pertunjukan adat khas Sumba,” ujar Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Raseno Arya.

Raseno menjelaskan, seluruh aktivitas penjelajahan itu akan direkam dalam beragam penulisan, foto dan dokumenter yang dikompetisikan. Dua event sebelumnya digelar di Lembata dan Pulau Alor.

Menurut Raseno, pihaknya sudah berkoordinasi dengan panitia pelaksana (panpel). Berdasarkan data panpel, sudah ada 200 peserta dari berbagai kalangan termasuk pendaki, fotografer, dan media yang dijadwalkan ikut ambil bagian dalam ebent itu.

”Festival Adventure Indonesia merupakan event khusus untuk penggemar dunia petualangan dan cinta terhadap alam dan kebudayaan Indonesia. Dalam gelaran ini akan ada banyak kegiatan petualangan yang menantang, mulai menyelam, bersepeda, pendakian, hingga tur budaya dengan menginap di kampung adat dan berbaur dengan masyarakat lokal,” kata Raseno.

Raseno mengungkapkan, wisata bahari dan wisata petualangan Indonesia perlu ditingkatkan. Dengan demikian Indonesia bisa menjadi destinasi utama di dunia.

Untuk itu perlu promosi berkesinambungan agar wisata Indonesia mendunia. Tujuan Festival Adventure Indonesia adalah untuk mempercepat perkembangan wisata di NTT sebagai salah satu destinasi wisata bahari dan petualangan di Indonesia.

JAKARTA - Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal punya kerja besar lagi. Untuk ketiga kalinya, provinsi yang beribu kota di Kupang itu akan menggelar Festival

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News