Rakornas Pariwisata Tuntas, Kalsel Langsung Tancap Gas

Rakornas Pariwisata Tuntas, Kalsel Langsung Tancap Gas
Pasar Terapung di Banjarmasin. Foto: Radar Banjarmasin

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah daerah yang mengirimkan utusannya dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata III pada 15-16 September di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara bersikap responsif. Begitu rakornas yang digelar kementerian pimpinan Arief Yahya itu tuntas, pemda pun langsung menindaklanjuti hasilnya.

Salah satunya adalah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Provinsi yang beribu kota di Banjarmasin itu bergerak cepat memerintahkan semua elemen akan pentingnya memformat manajemen pemerintahannya dengan spirit Go Digital sesuai dengan garis Menteri Pariwisata Arief Yahya.  

”Kita akan percantik website dan membuat tim sosial media yang kuat di dunia maya. Kami setuju dengan apa yang diminta pak Menteri. Karena kini zamannya memang sudah berubah dan kita harus ikut dalam pertarungan itu, kalau tidak kita semakin ketinggalan,” ujar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Provinsi Kalsel, Mohandas Hendrawan saat menyambangi Festival Budaya Pasar Terapung di Banjarmasin, Sabtu (17/9) .

Bukan itu saja. Dalam waktu dekat ini, Pemprov Kalsel juga akan menggelar rapat koordinasi daerah (rakorda) dengan pihak-pihak terkait di wilayahnya. Melalui rakorda itu Mohandas akan menggaungkan solusi dan instruksi dari pemerintah pusat itu ke seluruh kabupaten/kota di kalsel.

“Karena provinsi membantu promosi, sinergitas antar-daerah ini juga harus semakin ditingkatkan. Terutama dalam mengemas sosial media dan berbagai kegiatan yang konsisten dan jelas,” ujar pria berkacamata itu.

Seperti diketahui, Kemenpar menginstruksi kepada semua daerah untuk mengedepankan digital untuk mempromosikan wilayahnya. Solid, speed (kecepatan) dan smart (pintar) yang menjadi mesin untuk menggerakkan konsep “Go Digital Be The Best” bidang kepariwisataan yang digagas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan lebih cepat melaju jika semua daerah ikut bergerak.

Mohandas mengatakan, pihaknya sangat percaya diri menempatkan pariwisata sebagai portofolio bisnis dalam membangun daerahnya. ”Termasuk dukungan gubernur dan wali kota kami. Untuk itu, ini juga harus dukungan masyarakat, ayo kita melek teknologi, kita promosikan keindahan alam kita yang tidak ada lawannya ini,” ujarnya.

Sebagai langkah pertama, Mohandas akan segera mempercantik web. Yakni dengan menambah kanal-kanal yang jelas dan detail dengan tampilan menarik.  ”Setelah mendengar instruksi Pak Menteri (Arief Yahya, red), kita semua jadi jangan malu-maluin lagi di dunia maya, kita punya semua kok dan sangat indah,” katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News