Depresi, Tumin Nekat Bakar Rumah Lalu Bunuh Diri

Depresi, Tumin Nekat Bakar Rumah Lalu Bunuh Diri
Ilustrasi. Foto: dok. JPNN

jpnn.com - TUMIJAJAR - Aksi nekat Tumin, 55, mengemparkan warga Tiyuh (Kampung) Makarti, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tuba Barat), Lampung. 

Pasalnya, setelah membakar rumahnya hingga hangus, Tumin mengakhiri hidup dengan cara menenggak racun serangga. Peristiwa nahas itu terjadi Sabtu (18/9) dini hari. 

Kobaran api melahap rumah mulai sekitar pukul 00.00. Barang-barang di dalam rumah ukuran 8x12 meter itu nyaris tak ada lagi yang bisa terselamatkan. Si jago merah menghanguskan separuh lebih rumah tersebut. 

Api muncul dari dari kamar dan ditengarai berasal dari terpal yang dibakar. Warga sekitar bergotong royong memadamkan api. “Kalau saja ini kejadian siang, mungkin habis, karena hampir 97 persen masyarakat tengah bekerja di kebun atau sawah,” papar Mardiah (48) istri Tumin, seperti diberitakan Radar Lampung (Jawa Pos Group) hari ini (19/9).

Menurut Mardiah, sejak lima hari belakangan, suaminya menunjukkan gelagat aneh. Ayah dua anak ini kerap merengek minta lebih diperhatikan Mardiah. Mardiah yang mulanya tak curiga menuruti kemauan suaminya itu. Tumin sendiri sudah tak lagi bekerja lantaran menderita stroke 18 bulan lalu. Sejak itu dirinya terlihat depresi dan tertekan. 

Mereka tinggal berdua saja di rumah. Kedua anaknya sudah hidup terpisah. Devi anaknya yang pertama merantau ke Tanjungbalai, Riau. Sementara Arfiah, sudah tinggal dirumah sendiri sekitar 1 kilometer dari rumah orangtuanya. 

Pada jumat (16/9) Tumin memarahi dirinya tanpa sebab jelas. Meski demikian Mardiah memilih diam. “Ya mungkin emosinya sedang tidak bagus. Jadinya marah-marah. Tapi saya tetap diam aja. Walaupun dia marah-marah. Saya kasih makan nggak pernah telat,”tuturnya kemarin. 

Tetapi emosi Tumin malah menjadi. Mardiah malah diusirnya. Sambil menangis Mardiah pergi sambil membawa barang-barangnya. Dia pun mengungsi ke rumah Arfiah. 

TUMIJAJAR - Aksi nekat Tumin, 55, mengemparkan warga Tiyuh (Kampung) Makarti, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tuba Barat), Lampung. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News