Mbak Puan Minta Universitas Sam Ratulangi Siapkan SDM Berkualitas

Mbak Puan Minta Universitas Sam Ratulangi Siapkan SDM Berkualitas
Menko PMK, Puan Maharani saat menghadiri Dies Natalis Universitas Sam Ratulangi. Foto: source for JPNN. com

jpnn.com - MANADO - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani berharap Universitas Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara tampil paling depan dalam menyediakan tenaga-tenaga profesional yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan industri di kawasan.

Keinginan ini disampaikan Mbak Puan saat memberikan orasi ilmiah di tengah forum Dies Natalis ke-55 Universitas Sam Ratulangi, Sabtu (24/9).

Menurut Puan, perguruan tinggi merupakan salah satu wadah untuk membangun karakter bangsa. Untuk itu diperlukan sinergi, koordinasi dan semangat gotong royong dari semua pihak untuk mendorong perguruan tinggi dalam membangun bangsa.

"Program studi yang ada sebaiknya ditata kembali dengan mempertimbangkan demand side, termasuk sektor industri. Universitas Sam Ratulangi agar menyiapkan SDM di Sulawesi Utara dalam rangka menyongsong program pembangunan prioritas pemerintah di kawasan ini," ujar Puan.

Menko PMK juga mendorong lahirnya inovasi baru dalam bidang teknologi. “Saya mengharapkan, Universitas Sam Ratulangi menghasilkan inovasi-inovasi untuk mendorong produk-produk lokal bernilai ekonomi. Segeralah bertransformasi menuju research university dan selanjutnya menuju entrepreneueral university,” pinta Puan.

Cucu dari Proklamator RI Soekarno ini juga mengucapkan selamat kepada rektor, senat dan seluruh civitas akademika Universitas Sam Ratulangi atas berlangsungnya Dies Natalis ke-55 Universitas Sam Ratulangi. 

Puan menyampaikan rasa bangganya terhadap kecintaan masyarakat Sulawesi Utara akan pentingnya pendidikan. Sebagai daerah yang termasuk dalam pembangunan kawasan ekonomi khusus, kawasan industri prioritas pembangunan kemaritiman dan kelautan, serta pengembangan konektivitas nasional, Sulawesi Utara ke depannya juga akan dikembangkan sebagai pusat industri pertanian dan perikanan, serta pusat logistik sebagai penghubung jalur nasional dan internasional. 

"Maka, pembangunan kawasan ini akan membutuhkan sumber daya manusia mulai dari tahap konstruksi hingga operasionalnya. Terlebih dengan mulai berlakunya MEA, Universitas Sam Ratulangi perlu berbenah dan menyiapkan diri menghadapi tantangan ini," ucap Puan.

MANADO - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani berharap Universitas Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News