Keamanan dan Kenyamanan PO Bus Bakal Dibikin Peringkat

Keamanan dan Kenyamanan PO Bus Bakal Dibikin Peringkat
Menteri Perhubungan Budi Karya. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Perhubungan mulai mencanangkan program bus pelopor keselamatan dan kenyamanan. 

Hal tersebut untuk meningkatkan kepercayaan konsumen angkutan umum yang notabene rentan celaka. 

Dengan proyek ini, nantinya perusahaan otobus (PO) akan diberikan rating sesuai dengan persyaratan keamanan dan kenyamanan yang diberikan.

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan, pihaknya sengaja mengajak beberapa PO yang dinilai baik dalam menjaga aspek keamanan dan kenyamanan. 11 PO yag dijadikan pelopor datang dari berbagai bidang. 

Mulai perusahaan bus antar kota dan antar provinsi (AKAP) seperti Rosalia Indah dan Gunung Harta sampai perusahaan bus dalam kota seperti Perum Damri dan Perum PPD. 

’’Kami ingin sekali masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi beralih ke bus. Tapi, itu tak mungkin tercapai kalau bus-bus masih belum aman dan nyaman bagi pengguna,’’ ungkapnya di Monumen Nasional, Jakarta, kemarin (24/9).

Dalam hal ini, lima aspek keamanan bagi bus memang harus dipenuhi. Antara lain, di alat penunjuk kecepatan (speedometer) yang berfungsi, rem yang berfungsi, sabuk pengaman untuk pengemudi, kaca depan bus yang dalam keadaan baik dan yang tak gundul. 

Selain itu, ada juga beberapa aspek yang dipenuhi untuk kenyamanan pelanggan seperti AC, atau kebersihan tempat duduk.

JAKARTA – Kementerian Perhubungan mulai mencanangkan program bus pelopor keselamatan dan kenyamanan.  Hal tersebut untuk meningkatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News