Wow! Yayasan Jantung Indonesia Torehkan Rekor MURI

Wow! Yayasan Jantung Indonesia Torehkan Rekor MURI
Yayasan Jantung Indonesia (YJI) menerima plakat rekor Muri di Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (25/9).

jpnn.com - JAKARTA - Yayasan Jantung Indonesia (YJI) menorehkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) soal di bidang pemeriksaan tekanan darah dan kesehatan gula gratis secara serempak. Torehan itu digelar di 15 daerah di Indonesia, Minggu (25/9).

Sebanyak 15 daerah itu antara lain Bekasi, Surabaya, Malang, Semarang, Aceh, Medan, Palembang, Bengkulu, Kalimantan Barat, Samarinda, Maluku, Sulawesi Tenggara, Papua, Lampung menjadi tempat pemeriksaan gratis tersebut. 

Ketua Umum YJI, Syahlina Zuhal mengatakan bahwa kegiatan ini dibarengi dengan hari jantung dunia yang dicanangkan oleh World Heart Federation (WHF). Dia mengklaim, peserta yang mengikuti pemeriksaan gratis ada 6.100 peserta.

Menurut Syahlina, kegiatan ini sekaligus sebagai pengingat kepada masyarakat pentingnya memeriksa kesehatan berkala untuk kesehatan jantung yang optimal.

"Pemeriksaan rutin tekanan darah dan juga gula darah diharapkan dapat mengingat masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan darah dan juga gula darah. Selain itu, kami berharap masyarakat tetap waspada akan ancaman penyakit kardiovaskular yang dapat menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin dan usia," kata dia dalam sambutannya di Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (25/9).

Dia menilai, dengan pemeriksaan rutin, maka masyarakat dapat melihat sejauh mana kesehatan jantungnya. Sebab, penyakit jantung, yakni kardiovaskuler sebenarnya dapat dicegah bila empat risiko utamanya dikendalikan.

"Merokok, mengonsumsi makanan yang kurang sehat, kurang aktivitas fisik, dan konsumsi berlebihan minuman beralkohol dapat menyebabkan kesehatan jantung terganggu," ujar Syahlina.

Kegiatan ini sendiri, kata dia, bekerja sama dengan Omron Healthcare Indonesia, perusahaan yang bergerak pada alat-alat kesehatan dan solusi lingkungan. Dia meminta agar, Omron bisa menjadi mitra YJI dalam mengkampanyekan jantung sehat ke depannya.

JAKARTA - Yayasan Jantung Indonesia (YJI) menorehkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) soal di bidang pemeriksaan tekanan darah dan kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News