Gajah Tunggal Tarik Ratusan Ribu Ban dari Amerika Serikat

Gajah Tunggal Tarik Ratusan Ribu Ban dari Amerika Serikat
Ilustrasi. Foto: Gajah Tunggal

jpnn.com - JAKARTA – Produsen ban PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL) menarik produknya dari peredaran (voluntary recall) di pasar Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Produk-produk tersebut ditarik karena ban yang beredar tidak sesuai dengan standar kualitas yang diisyaratkan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Yang ditarik adalah ban yang jenis dan ukurannya dikhususkan untuk pasar AS dan Kanada.

Direktur GJTL Catharina Widjaja menyatakan, sekitar 196.926 ban ditarik pada periode April–September 2016.

Meski menolak menyebutkan nilai penarikan produk, dia memastikan aksi recall itu tidak berdampak terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, dan usaha produsen ban Goodyear tersebut.

 ’’Dampaknya ke kami hanya 1,2 persen dari total penjualan perseroan ke AS pada periode itu,’’ katanya kepada wartawan Jawa Pos kemarin (26/9).

Yang pasti, jenis dan ukuran ban itu dikhususkan untuk pasar AS dan Kanada. ’’Kami proaktif me-recall ban-ban walau belum ada klaim (ketidaksesuaian spesifikasi, Red),’’ ungkapnya.

NHTSA dalam dokumen resmi menyatakan, Goodyear Tire & Rubber Company menarik ban G399A LHS berukuran 295/75R22.5 LRG yang diproduksi pada 24 Januari 2016–28 Mei 2016.

JAKARTA – Produsen ban PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL) menarik produknya dari peredaran (voluntary recall) di pasar Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News