Wah wah, Ribuan Orang Filipina Punya KTP di Bitung

Wah wah, Ribuan Orang Filipina Punya KTP di Bitung
Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengatakan, banyak orang Filipina yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Bitung.

Mereka akan datang ke Bintang jika musim ikan sudah datang. Hal itu kata Susi sangat merugikan karena banyak kapal yang menyusup.

Kapal-kapal itu diduga melakukan penangkapan ikan di WPP-RI tanpa dilengkapi dokumen, mengangkut atau membawa ikan ke Filipina, dan menggunakan Anak Buah Kapal (ABK) asing asal Filipina.

"Memang karena sekarang lagi musim ikan di sana, jadi banyak sekali ribuan orang Filipina yang punya KTP di Bitung," ujar Susi di kantornya.

Agar kejadian itu tak berulang, wanita 51 tahun ini sudah melaporkanya kepada Presiden Jokowi. Sebab jika dibiarkan terus menerus, negara akan dirugikan.

"Ditengarai memang sudah banyak di Bitung itu nelayan Filipina yang sudah memiliki KTP. Tadi saya sudah menghadap pak presiden dan rencananya kita ingin membuat satu perundingan bersama dengan pihak Filipina untuk mengatasi dan mengantisipasi hal ini tidak terjadi lagi ke depan," tegas Susi.(chi/jpnn)

 

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengatakan, banyak orang Filipina yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Bitung.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News