Telkom Bidik 650 Ribu Pelanggan IndiHome

Telkom Bidik 650 Ribu Pelanggan IndiHome
Ilustrasi. Foto; JPNN

jpnn.com - SURABAYA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) gencar membangun infrastruktur kabel fiber optik sebagai pengganti kabel tembaga.

Telkom telah menyiapkan 1,2 juta port fiber to the home di kawasan Jawa Timur-Bali-Nusa Tenggara.

Deputy EVP Infrastructure Divisi Telkom Regional V Raden Rijanto Utomo mengatakan, pihaknya berencana memperbanyak rumah kabel optik menjadi 1,5–1,6 juta unit.

Sementara itu, sebanyak 350 ribu pelanggan Telkom telah beralih ke layanan serat optik.

Dari total pelanggan yang telah bermigrasi, sekitar 85 persen berada di Jatim. ’’Secara coverage, yang paling banyak memang berada di Jawa Timur, sedangkan yang paling minim di Nusa Tenggara Timur,’’ jelasnya.

Perluasan tersebut dilakukan dengan menarik kabel Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) dari Makassar ke Atambua di perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Tahun depan serat optik dari Jawa selesai ditarik ke Nusa Tenggara Barat. Pada saat yang sama, layanan telepon dengan kabel tembaga akan dimatikan pelan-pelan.

Rijanto berharap pemerintah bisa mendorong penggunaan serat optik di setiap rumah. Jatim menjadi salah satu bidikan utama dengan potensi pasar 9 juta rumah.

SURABAYA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) gencar membangun infrastruktur kabel fiber optik sebagai pengganti kabel tembaga. Telkom

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News