Mendagri Siapkan Anak Buah untuk Jadi Plt Gubenur Gorontalo

Mendagri Siapkan Anak Buah untuk Jadi Plt Gubenur Gorontalo
Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah menggodok pejabat eselon satu yang akan ditempatkan di Provinsi Gorontalo sebagai pelaksana tugas (Plt) gubernur. ‎Mengingat, per 28 Oktober mendatang, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan wakilnya, Idris Rahim akan menjalani cuti masa kampanye pilkada.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Sumarsono mengatakan, kementerian yang dipimpin Tjahjo Kumolo itu telah menerbitkan Peraturan Mendagri Nomor 74 tahun 2016 tentang Penetapan Plt. “Dengan demikian, gubernur Gorontalo harus‎ mengembalikan kewenangannya kepada presiden melalui Mendagri," kata Sumarsono  kepada JPNN, Rabu (5/10).

Soni -sapaan Sumarsono- menambahkan, Plt gubernur Gorontalo memang tidak bisa diambil dari aparatus sipil negara (ASN) pemerintah setempat. Sebab, Plt gubernur yang ditunjuk Mendagri adalah pejabat eselon satu Kemendagri.

"Sementara ini masih digodok namanya. Tunggulah, sebentar lagi ditetapkan,” katanya.

Soni pun memastikan pada 26 atau 27 Oktober sudah serah terima jabatan gubernur Gorontalo ke pelaksana tugas yang ditunjuk Mendagri. “Karena 28 Oktober, gubernur dan wagub sudah kampanye serta cuti di luar tanggungan negara," bebernya.(esy/jpnn)

 


JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah menggodok pejabat eselon satu yang akan ditempatkan di Provinsi Gorontalo sebagai pelaksana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News