Selain Operasi Udara, Radar TNI AU Juga Telah Dipasang

Selain Operasi Udara, Radar TNI AU Juga Telah Dipasang
ILUSTRASI. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com - KUPANG - Komandan Pangkalan Udara (Lanal) El Tari Kupang, Kolonel Pnb. Jorry S. Koloay mengatakan untuk mengawal wilayah udara di perbatasan, TNI AU telah memasang sejumlah radar pada titik sentral. Fungsinya adalah mendekteksi segala bentuk pergerakan pihak luar yang masuk melaui jalur udara ke Indonesia.

"Ketika ada pesawat yang melanggar masuk ke wilayah teritorial Indonesia tanpa ada komunikasi atau dengan istilah selundup, radar tersebut akan menangkap serta akan memberikan sinyal atau tanda," jelas Jorry saat tampil sebagai salah satu narasumber pada seminar sehari memperingati HUT Ke-71 TNI di Aula Flobamora, Markas Korem 161/Wirasakati Kupang.

Selain radar, untuk memaksimalkan pengawasan wilayah perbatasan, TNI AU juga rutin melakukan operasi udara di seputaran wilayah perbatasan. "Tujuannya untuk memantau wilayah perbatasan," tegasnya.

Sedangkan dosen hukum Undana Dedi Manafe, yang juga menjadi narasumber seminar mengatakan, di wilayah NTT, terdapat 14 bandara yang perlu mendapat pengamanan secara baik. Dan itu perlu mendapat dukungan atau kerja sama dengan institusi militer.

“Khusus wilayah NTT ini harus ada pengawasan bandar udara di wilayah perbatasan ini, agar bisa menopang keamanan serta menjadi penunjang pembangunan daerah,” ungkap Dedi.(JPG/fri/jpnn)


KUPANG - Komandan Pangkalan Udara (Lanal) El Tari Kupang, Kolonel Pnb. Jorry S. Koloay mengatakan untuk mengawal wilayah udara di perbatasan, TNI


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News