Dorong Belitung Jadi Geopark Dunia

Dorong Belitung Jadi Geopark Dunia
Pulau Lengkuas di Belitung. Foto; dokumen JPNN.Com

jpnn.com - BELITUNG – Destinasi prioritas Tanjung Kelayang di Belitung rupanya tak hanya fokus membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Saat ini, tim Pokja Percepatan 10 Bali Baru yang berada di bawah koordinasi Hiramsyah Syambudhi Thaib juga tengah mempersiapkan Belitung untuk membangun Kawasan Wisata Geopark berskala internasional yang diakui UNESCO.

Beberapa tokoh geologi seperti Dyah Erowati dari Institut Teknologi Bandung (ITB)  dan Oman, ahli geopark yang juga kepala Museum Geologi Bandung berada di tim itu.

Siapa yang tak kenal dengan Pulau Belitung yang namanya melejit melalui film Laskar Pelangi? Belitung punya Tanjung Kelayang, kawasan pantai dengan batu-batu besar yang sudah ditetapkan menjadi 10 destinasi prioritas.

Keragaman fenomena geologi dan budaya itu menjadikan Belitung memenuhi semua persyaratan untuk masuk ke dalam UNESCO Global Geopark (UGG).  “Itu sebabnya Belitong diusulkan menjadi geopark international,” ujar Larasati selaku PIC Destinasi Tanjung Kelayang Pokja Percepatan 10 Bali Baru Kemenpar, Kamis (13/10).

Gerak cepat pun langsung dilakoni. Pada 2 September 2016 silam, sudah ada nota kesepahaman (MoU) antara Bupati Belitong dengan alumni ITB 1981 sebagai inisiator. Dalam perjalanannya, tim Persiapan Geopark didukung Museum Geologi Bandung, Gapabel, SGS, BUMD, Pemkab Belitong dan Pemkab Belitong Timur.

Langkah lainnya adalah dengan mempresentasikan Geopark Belitung pada Konferensi Internasional UNESCO Global Geopark Network (GGN) di Torquat, Inggris, akhir September 2016. Beragam keragaman fenomena geologi, biologi, dan budaya Belitung dipresentasikan. Semua diperkenalkan.

Hasilnya, perwakilan UNESCO pada Desember 2016 nanti akan mengunjungi Belitung. Dan tahun 2017 diharapkan usulan sudah bisa disampaikan ke tingkat nasional. Setelah itu, tahun 2018 bisa naik ke UNESCO.

“Geopark di Belitung bukan hanya satu Kabupaten saja, tapi seluruh Pulau Belitung. Jadi ke depannya, Belitung bukan hanya Kawasan Ekonomi Khusus, tapi juga akan didorong menjadi Wisata UNESCO Global Geopark (UGG),” kata Laras – sapaan akrab Larasati.

BELITUNG – Destinasi prioritas Tanjung Kelayang di Belitung rupanya tak hanya fokus membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News