Menhub: Penangkapan Pelaku Pungli di Jakarta Itu Shock Therapy

Menhub: Penangkapan Pelaku Pungli di Jakarta Itu Shock Therapy
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - PALEMBANG - Pemerintah tengah gencar-gencarnya melakukan pemberantasan pungutan liar (pungli) di bidang pelayanan. Kementrian Perhubungan adalah salah satu yang gencar menggalakkan hal ini. Apalagi sejak adanya pelaku pungli yang tertangkap tangan di kementrian terkait baru-baru ini.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengatakan pemberantasan pungli ini tidak ingin melukai banyak orang. Pihaknya ingin pada spot-spot pada orang yang memang bersalah. Jadi, yang dilakukan di Jakarta itu adalah Shock Therapy

Diharapkan temuan di Jakarta memberikan efek jera bagi seluruh pihak. 

"Kami sudah sampaikan dan jangan main-main lagi. Semua yang dilakukan harus sesuai peraturan," ungkap Menhub Budi seperti diberitakan Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group) hari ini (16/10).

Dikatakan Budi, pemberantasan pungli ini merupakan gerakan nasional. Presiden pun sudah menunjuk Menko Polhukam, Wiranto, untuk menangani permasalahan ini. 

Kementerian Perhubungan pun sudah membuat tim ad hoc yang terdiri dari unsur internal Kementerian Perhubungan dan eksternal yang terdiri atas ICW dan YLKI. “Nantinya mereka (ICW dan YLKI) akan memantau proses tindak lanjut penanganan masalah itu," ucap dia.

Kata Budi, untuk pemberantasan pungli di daerah, pemerintah akan melibatkan Kapolda dan Kapolres. Jadi kalau ditemukan pungli silahkan dilaporkan dan akan disegera tindaklanjuti. 

"Kami akan segera distribusikan laporan itu ke kapolda," paparnya. 

PALEMBANG - Pemerintah tengah gencar-gencarnya melakukan pemberantasan pungutan liar (pungli) di bidang pelayanan. Kementrian Perhubungan adalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News