Ribuan Keping Koin Kuno Ditemukan di Gunungkidul

Ribuan Keping Koin Kuno Ditemukan di Gunungkidul
Ribuan keping koin kuno yang ditemukan di Playen, Gunungkidul, DIY. Foto: Radar Jogja/JPG

jpnn.com - GUNUNGKIDUL – Warga Kecamatan Playen di Gunungkidul, DIY dikejutkan dengan penemuan benda-benda kuno. Kali ini, warga Gedad, Banyusoco, Playen menemukan ribuan koin logam kuno.

Penemu pertama adalah Saridi. Sekitar dua pekan lalu, dia membersihkan perkarangan rumah.

Tanpa sengaja dia menemukan sejumlah koin dengan lubang di bagian tengah. Benda bulat berlubang itu menyerupai uang kuno dan terdapat tulisan Tiongkok.

Kabar itu kemudian menyebar sehingga mengundang anak-anak di wilayah tersebut untuk melakukan pencarian. Hasilnya, dalam waktu dua minggu, koin yang ditemukan mencapai ribuan. Ketika ditimbang beratnya mencapai 13,5 kilogram.

Kepala Unit Reskrim Polsek Playen Aiptu Teguh Priyo mengatakan, Saridi baru melaporkan temuannya ke polisi pada  Kamis lalu (20/10). Padahal, penemuannya sudah cukup lama.

“Kemudian kami amankan. Untuk memastikan tentang koin-koin ini kami akan berkoordinasi dengan dinas kebudayaan dan kepariwisataan,” kata Teguh seperti diberitakan Jawa Pos Radar Jogja.

Sedangkan Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Gunungkidul Ristu Raharja akan memastikan  umur koin kuno itu. “Untuk mengetahui apakah peninggalan bersejarah atau berasal dari zaman yang lebih tua lagi. Kami juga akan menggandeng tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jogjakarta,” kata Ristu.

Menurutnya, penemuan benda kuno di Kecamatan Pleyen bukan kali pertama. Sebelumnya, juga ada bangunan purbakala berupa candi di Desa Plembutan atau situs purbakala di Desa Bleberan. (gun/iwa/ong/jpg)

GUNUNGKIDUL – Warga Kecamatan Playen di Gunungkidul, DIY dikejutkan dengan penemuan benda-benda kuno. Kali ini, warga Gedad, Banyusoco, Playen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News