Hari Ini Hujan Deras Berpotensi Terjadi 18 Daerah, nih Daftarnya

Hari Ini Hujan Deras Berpotensi Terjadi 18 Daerah, nih Daftarnya
Mendung tebal. Ilustrasi Foto: Gusti Ambri/Kaltim Post/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kota Bandung terbukti tidak siap diguyur hujan deras. Kota yang dipimpin Ridwan Kamil itu  diterjang banjir dahsyat, kemarin.

Hal ini diakui jadi peringatan bagi daerah-daerah lainnya untuk meningkatkan infrastruktur penangkal banjir serta sistem penanggulangan bencana. 

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Kota Bandung terkena dampak berat akibat hujan kemarin (24/10) siang.

Hujan tersebut menyebabkan bendung irigasi Citepus dan Sungai Citepus meluap. Alhasil, wilayah daerah Pasteur, Pagarsih, Solokan Jeruk dan Sukajadi akhirnya banjir pada pukul 13.30 WIB dengan ketinggian yang bukan main. Antara 50 centimeter hingga dua meter.

’’Meluapnya Sungai Citepus salah satunya disebabkan tersumbat sampah dan dangkalnya sungai. Selain itu, drainase perkotaan tidak mampu menampung aliran permukaan dari hujan yang lebat menyebabkan banjir parah,’’ ungkapnya.

Dari bencana tersebut, terdapat satu korban jiwa atas nama Ade Sudrajat, 30. Pria tersebut menjadi korban terbawa arus justru saat mencoba menolong orang. 

Nahasnya, dia justru terepleset masuk selokan. ’’Korban sudah diketemukan di depan SMPN 15 Bandung dan sudah diserahkan ke pihak keluarga,’’ ungkapnya.

Terkait kerugian ekonomi, dia mengaku masih  akibat banjir masih dalam pendataan. Yang jelas, kerugian ditaksir sangat besar karena bukan hanya rumah dan sekolah. 

JAKARTA – Kota Bandung terbukti tidak siap diguyur hujan deras. Kota yang dipimpin Ridwan Kamil itu  diterjang banjir dahsyat, kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News