BSNP Dorong UN Berbasis Komputer

BSNP Dorong UN Berbasis Komputer
Siswa sedang mengerjakan soal UN. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA--‎Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ternyata sudah beberapa kali memberikan rekomendasi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk meningkatkan kualitas siswa. 

Salah satunya dengan penerapan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

"Daripada pusing dengan nilai integritas, kebocoran, dan lainnya, kami sudah menyarankan ujiannya menggunakan sistem UNBK," ujar Bambang Suryadi, anggota BSNP kepada JPNN, Kamis (27/10).

Dengan UNBK, integritas siswa benar-benar terstandardisasi, bukan sekolah‎ saja. Namun, pemerintah belum bisa melaksanakan UNBk secara menyeluruh karena keterbatasan anggaran untuk pengadaan infrastruktur.

"Sejauh ini, BSNP masih melihat nilai UN sangat penting bagi pengukuran capaian siswa dan keberhasilan guru dalam mendidik siswa. Itu sebabnya, agar kualitasnya benar-benar riil perlu didorong pelaksanaan UNBK," terangnya.

Dihubungi terpisah Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Prof Nizam, mengatakan pihaknya saat ini tengah fokus mengkaji permintaan Mendikbud Muhadjir Effendy mengenai pelaksanaan UN yang tidak perlu digelar setiap tahun. 

"Kami masih fokus ke pengkajian dulu, karena dibutuhkan cepat. Nantinya kami akan meminta pendapat pihak-pihak yang menggunakan nilai UN seperti perguruan tinggi, dan lainnya," ungkap Nizam. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--‎Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ternyata sudah beberapa kali memberikan rekomendasi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News