Blanko Habis, Pembuatan e-KTP Disetop

Blanko Habis, Pembuatan e-KTP Disetop
Warga sedang rekam KTP Elektronik di kantor Disduk Capil. Foto: ilustrasi: Dokumen JPNN

jpnn.com - BENGKULU – Pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik di Kota Bengkulu terkendala lagi. Kali ini penyebabnya stok blangko kartu identitas diri itu habis. 

Sejak awal Oktober lalu, stok blangko sudah kosong. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu baru akan kembali mencetak awal Desember mendatang.

“Periode Agustus-Oktober ada 6.000 warga yang merekam data e-KTP. Namun yang kartunya dicetak, baru sebagian saja,” ungkap Sudarto seperti diberitakan Rakyat Bengkulu (Jawa Pos Group) hari ini.

Blangko yang kosong, lanjut Sudarto, disebabkan karena distribusi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum ada. Dinas Dukcapil pun sudah melaporkan persoalan ini. Sudarto memprediksi awal Desember cetak e-KTP baru bisa dimulai lagi. 

“November ini kemungkinan ada pasokan blangko. Mudah-mudahan akhir November atau awal Desember sudah bisa cetak lagi,” ungkapnya. 

Terkait adanya warga yang protes karena data yang sudah direkam tak kunjung dicetak, Sudarto mengatakan persoalannya ada di server e-KTP yang ada di Kemendagri. 

Pasalnya setelah data dikirim dari Dukcapil Bengkulu, belum ada konfirmasi balik sebagai hasil verifikasi. 

“Data sepertinya masih tersangkut diserver pusat,” ungkap Sudarto.

BENGKULU – Pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik di Kota Bengkulu terkendala lagi. Kali ini penyebabnya stok blangko kartu identitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News