1.250 Rumah Dibakar, 100 Tewas, 400 Orang Ditangkap

1.250 Rumah Dibakar, 100 Tewas, 400 Orang Ditangkap
Foto ini dirilis oleh Angkatan Bersenjata Myanmar pada 13 November lalu dengan informasi menyatakan tentara sedang memadamkan api yang membakar rumah warga di Rakhine. Foto: MYANMAR ARMED FORCES/AFP

jpnn.com - YANGON - Etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar, terlunta-lunta. Rumah mereka rata dengan tanah. PBB menyebut setidaknya 30 ribu orang kehilangan tempat tinggal sejak tentara menyerbu enam minggu yang lalu. 

Setengah dari jumlah tersebut kehilangan tempat tinggalnya dalam dua hari terakhir, gara-gara militer melakukan serangan besar-besaran menggunakan helikopter tempur.

Berdasar analisis gambar satelit yang dirilis Human Rights Watch (HRW) Senin (21/11), sekitar 1.250 bangunan milik etnis Rohingya di Rakhine yang dibakar hingga rata tanah. Sebanyak 820 bangunan di lima desa dirusak pada 10–18 November lalu.  Direktur HRW Asia Brad Adams menyebut gambar satelit yang didapatkan tersebut sudah sampai taraf mengkhawatirkan. 

Terlebih, sensor di satelit milik HRW itu juga mendeteksi adanya kebakaran di beberapa desa lainnya. ’’Pemerintah Myanmar harus menyelidiki dan menghukum mereka yang bertanggung jawab atas tindakan tersebut,’’ tegas Adams. 

Jumlah kerusakan rumah warga yang dipaparkan HRW di atas tersebut jauh dari pernyataan pemerintah. Sebelumnya pemerintah Myanmar mengklaim kurang dari 300 rumah yang rusak akibat bentrokan di desa-desa yang dihuni etnis Rohingya. Pelakunya pun menurut pemerintah bukan pasukan militer, melainkan militan yang ingin membuat pemerintah dan penduduk salah paham.

Pemerintah juga menuding penduduk Rohingya membakar rumah-rumah mereka sendiri untuk menarik perhatian dunia internasional. Namun, paparan penjelasan pemerintah tersebut meragukan. Sebab, jurnalis dan beberapa lembaga lainnya yang ingin memverifikasi pernyataan HRW di atas tidak diberi akses untuk memasuki lokasi. Pengamat internasional yang ingin datang ke lokasi kejadian juga ditolak. 

Pemerintah tidak hanya menutup akses untuk melihat kondisi etnis Rohingya. Mereka juga menuding HRW dan para aktivis sebagai bagian dari konspirasi untuk merusak image Myanmar. ’’Alih-alih menanggapi tudingan dengan gaya era militer dan penyangkalan, pemerintah seharusnya cukup melihat fakta-fakta yang ada,’’ tegas Adams. ’’Jika tidak ada yang disembunyikan pemerintah, mereka seharusnya tidak masalah memberikan akses ke jurnalis dan penyelidik HAM,’’ tambahnya.

Selain rumah-rumah yang rata dengan tanah, setidaknya ada 100 orang yang tewas dan 400 orang ditangkap. Namun, para aktivis mengklaim jumlah etnis Rohingya yang tewas jauh dari angka 100 tersebut. Para aktivis dan saksi melaporkan bahwa pasukan militer tidak hanya membunuh warga. Mereka juga memerkosa para perempuan dan menjarah rumah-rumah sebelum akhirnya membakarnya.

YANGON - Etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar, terlunta-lunta. Rumah mereka rata dengan tanah. PBB menyebut setidaknya 30 ribu orang kehilangan tempat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News