Wow! Ditemukan 110 Pulau Baru

Wow! Ditemukan 110 Pulau Baru
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - MATARAM - Baru-baru ini di wilayah Nusa Tenggara Barat telah ditemukan 110 pulau baru.  Penemuan tersebut sekaligus semakin meneguhkan NTB sebagai daerah kepulauan.

Kepala Biro Pemerintahan Pemprov NTB, Irnadi Kusuma mengungkapkan, ratusan pulau baru tersebut ditemukan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) bersama Tim Nasional Pembakuan Nama Rupa Bumi.

“Baru-baru ini ditemukan melalui satelit, ternyata masih banyak pulau-pulau yang belum kita tahu,” ujarnya saat menggelar jumpa pers di Media Center Kantor Gubernur NTB, Jumat kemarin (25/11).

Pulau-pulau yang ditemukan sebanyak 110 tersebut, 90 pulau berada di wilayah Sekotong dan sisanya tersebar di wilayah lain di NTB.

Dengan begitu, saat ini jumlah pulau yang sudah terdeteksi di NTB sebanyak 390 pulau. Mengingat sebelum 110 pulau tersebut ditemukan, sudah terdata selama ini sebanyak 280 pulau.

Penemuan pulau-pulau tersebut setelah tim melakukan survei mulai awal Januari sampai bulan April di Lombok dan selanjutnya di pulau Sumabwa.

“Setelah ini, kedepan kita harus memberikan nama untuk pulau-pulau itu,” ucapnya.

Dalam memberikan nama, peran dan keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan. Hal itu demi masuknya konten-konten lokal yang sesuai dengan lokasi pulau. Misalnya dari segi nama, menggambarkan sejarah dan tidak asing di telinga masyarakat setempat.

MATARAM - Baru-baru ini di wilayah Nusa Tenggara Barat telah ditemukan 110 pulau baru.  Penemuan tersebut sekaligus semakin meneguhkan NTB sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News