Crossborder Festival Kemenpar di Merauke Pikat Warga Papua Nugini

Crossborder Festival Kemenpar di Merauke Pikat Warga Papua Nugini
Crossborder Festival Kemenpar di Merauke Pikat Warga Papua Nugini

jpnn.com - JAKARTA - Perhelatan Crossborder Festival yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di perbatasan Indonesia-Papua Nugini di Lapangan Sota, Merauke Papua, Sabtu (3/11) berjalan lancar dan aman. Ribuan orang berkumpul dan berdatangan di festival yang dilangsungkan di perbatasan tersebut.

Konsulat Jendral Republik Indonesia di Papua Nugini, Abraham Lebalauw mengungkapkan, wisatawan mancanegara (wisman) mendatangi Lapangan Sota untuk menyaksikan konser Wonderful Indonesia. ”Happy ending, masyarakat Sota bercampur dengan wisman yang berdatangan dari Papua Nugini terhibur dengan konser Wonderful Indonesia,” ujarnya.

Karenanya dia ongin acara semacam itu rutin digelar. “Karena acara ini menghidupkan ekonomi masyarakat lokal. Kami mohon Kemenpar memasukkan agenda ini lebih sering, lebih rutin di 2017,” harapnya.

Lebih lanjut Abraham mengatakan, Crosborder Festival untuk Papua Nugini sudah beberapa kali diadakan di Papua. Yang pertama di Skouw, Jayapura dan yang ke dua di Sota, Merauke. Keduanya berbatasan dengan Papua Nugini. 

”Yang terpenting itu adalah di Papua Nugini sudah terdengar santer branding Wonderful Indonesia melalui kegiatan ini. Kalau ingat Indonesia, pasti ngomongnya Wonderful Indonesia Festival di perbatasan yang selalu heboh. Acara ini semakin mengena di hati khalayak,” ujar Abraham.

Memang, Menteri Pariwisata Arief Yahya terus berupaya menggelar banyak festival di perbatasan.  Baik di Aruk Kalimantan Barat yang berbatasan dengan Malaysia, ataupun Atambua di Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Timor Leste, hingga di Jayapura dan Merauke yang berbatasan dengan Papua Nugini. Jika lokasinya tetap, eventnya rutin, waktunya bisa dipastikan, maka destinasi di sana juga akan hidup.

Dalam Crossborder Festival Kemenpar di Merauke yang digelar Sabtu malam (3/12) hingga dini hari Minggu (4/12), acaranya begitu meriah. Seluruh masyarakat Sota, Merauke berbaur dengan beberapa musisi yang mayoritas bergenre reggae.

Mereka bergoyang sambil terus berteriak Wonderful Indonesia dipandu oleh para artis reggae ternama di Papua. Group band yang berhasil menyihir pengunjung adalah Sandy Bethay, Blacksound, Dave Solution dan beberapa artis ibu kota.

JAKARTA - Perhelatan Crossborder Festival yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di perbatasan Indonesia-Papua Nugini di Lapangan Sota, Merauke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News