Siap-siap Ya, Wasit ISC A, B, dan U-21 Bakal Dievaluasi

Siap-siap Ya, Wasit ISC A, B, dan U-21 Bakal Dievaluasi
Ilustrasi kompetisi ISC di Stadion GBK dan Pakansari. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - ‎Evaluasi wasit jelang tutup kompetisi Indonesia Soccer Championship A dan B serta U-21, bakal dilakukan Komite Wasit PT Gelora Trisula Semesta (GTS). 

Mereka siap memarkir perangkat pertandingan yang dianggap tidak layak. 

Namun. Bukan hanya wasit tengah lapangan yang akan dievaluasi asisten wasit dan pengawas pertandingan juga masuk dalam daftar penilaian.

"PSSI akan menggelar evaluasi kinerja pengawas pertandingan, wasit, dan asisten wasit C1 tingkat nasional. Mereka yang tidak jujur, mudah dipermainkan serta tidak memenuhi syarat kemampuan akan diberhentikan," Kata Ketua Komite Wasit GTS, Rudi Yulianto.

Menurut Rudi, apa yang dilakukan oleh pihaknya ini menjadi bagian dari  usaha Komite Wasit agar kualitas kompetisi PSSI ke depan terjaga. Sejak dimulai, kinerja wasit memang banyak disorot, diprotes karena dianggap memimpin dengan cara amatir.

"Sementara untuk menyelesaikan pertandingan ISC nanti, akan ditugaskan wasit yang masih jujur dan bersih. Nanti kami akan adakan seleksi ulang bagi pengawas pertandingan, wasit, dan asisten wasit menatap kompetisi musim depan," tandasnya.

Lelaki ‎berpangkat Brigjen itu ingin meneruskan program serta visi-misi dari Ketum PSSI Edy Rahmayadi. Target agar sepak bola benar-benar bersih yang diapungkan, harus diwujudkan dengan nyata, tidak sekadar adu ucapan belaka. 

"Prinsip Ketua Umum untuk pertandingan sepak bola Indonesia harus jujur, adil, dan tidak ada permainan serta wasit atau asisten wasit C1 tingkat nasional dipermainkan. Jika sampai terbukti ada permainan akan diproses secara hukum," tandasnya.‎ (dkk/jpnn)


JAKARTA - ‎Evaluasi wasit jelang tutup kompetisi Indonesia Soccer Championship A dan B serta U-21, bakal dilakukan Komite Wasit PT Gelora


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News