Waspada, Ada 67 ODHA di Tegal Pelanggan PSK

Waspada, Ada 67 ODHA di Tegal Pelanggan PSK
Ilustrasi: canstockphoto

jpnn.com - TEGAL - Data Dinas Kesehatan Kota Tegal mencatat selama periode Januari hingga November ada 32 warga yang teridentifikasi sebagai orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Jumlah itu melonjak drastis dibanding data selama delapan tahun terakhir dengan total penderita HIV/AIDS yang hanya mencapai 194 orang.

Ketua Komisi Perlindungan AIDS (KPA) Kota Tegal Nursholeh mengungkapkan, 194 ODHA itu berstatus sebagai warga Kota Tegal, bagian dari 642 temuan kasus HIV/AIDS dalam pelayanan kesehatan. Sedangkan ke-32 penderita ditemukan selama 2016.

Rinciannya, Januari (6 orang), Maret-Mei (3 orang), serta Juni dan Juli masing-masing 3 orang. Sedangkan pada  Agustus ditemukan lagi 2 penderita, September-Oktober masing-masing 3 temuan, dan pada November ada 9 penderita.

"Dengan total 194 ODHA, 2016 menjadi temuan terbanyak yakni 32 kasus," jelasnya.

Lebih lanjut Nursholeh memerinci, 99 orang positif HIV, sedangkan 99 lainnya sudah terjangkiti AIDS. Jika ditotal ada 194 ODHA. Menurutnya, angka tersebut belum termasuk  39 orang yang dinyatakan meninggal dunia akibat HIV/AIDS berstatus pasangan risiko tinggi.

Sementara Kabid Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL) Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Lenny Herlina menambahkan, dari total 194 ODHA yang teridentifikasi,  67 di antaranya merupakan pelanggan wanita pekerja seks komersial (PSK). Sisanya ada 39 orang dari pasangan risiko tinggi (risti), 32 lelaki penyuka sesama lelaki (LSL), 16 PSK, 13 pengguna narkoba, 10 warga binaan pemasyarakatan, 11 lain-lain, serta dan 6 waria.

"Untuk pencegahan, kami juga terus mengoptimalkan VCT (voluntary counseling test, red) dengan menggandeng kelompok sebaya, LSM, hingga berbagai komunitas di masyarakat," imbuhnya.(syf/zul/jpg/ara/jpnn)


TEGAL - Data Dinas Kesehatan Kota Tegal mencatat selama periode Januari hingga November ada 32 warga yang teridentifikasi sebagai orang dengan HIV/AIDS


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News