AS-Jepang Sampaikan Belasungkawa

AS-Jepang Sampaikan Belasungkawa
AS-Jepang Sampaikan Belasungkawa
JAKARTA - Belasungkawa atas meninggalnya Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur terus mengalir. Kabar kematian Bapak Pluralisme tersebut menuai simpati dari wakil Pemerintah Jepang dan Amerika Serikat (AS). Duka cita dari Negeri Sakura disampaikan langsung PM Yukio Hatoyama dan Menteri Luar Negeri Katsuya Okada kepada keluarga Gus Dur.

     

Dalam dokumen yang dirilis kepada media oleh Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, PM Hatoyama menyampaikan penghormatan terhadap Guru Bangsa tersebut. Menurut Hatoyama, sebagai negara yang secara geografis ada dalam wilayah yang sama, Jepang pun merasakan duka yang dirasakan warga Indonesia.

     

"Mantan Presiden Abdurrahman Wahid adalah pemimpin yang memiliki jiwa besar dan telah mendorong proses reformasi di Indonesia dalam berbagai bidang. Beliau berjasa dalam meningkatkan hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia," tegas PM Hatoyama dalam suratnya.

     

Atas nama pemerintah dan rakyat Jepang, Hatoyama menyampaikan penghormatan yang setinggi-tingginya atas jasa-jasa Gus Dur. Menlu Okada menambahkan, Jepang akan senantiasa mengingat jasa besar Gus Dur dalam menjalankan reformasi bidang politik, pendidikan, sosial dan budaya di Indonesia. "Penghargaan setinggi-tingginya kepada almarhum atas jasanya menyatukan visi Indonesia-Jepang," tegas dia.

     

JAKARTA - Belasungkawa atas meninggalnya Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur terus mengalir. Kabar kematian Bapak Pluralisme tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News