Tips Anti-Skimming dari BI

Tips Anti-Skimming dari BI
Tips Anti-Skimming dari BI
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyebarkan kiat-kiat kepada masyarakat, melalui media massa, agar nasabah terhindar dari pembobolan dana melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Modus operandi pembobolan ATM yang digunakan adalah skimming data. Istilah skimming data, yang belakangan sering terdengar, berarti pencurian data nasabah yang tersimpan di dalam kartu dan pencurian atau pengintipan PIN di mesin ATM, melalui kamera yang dipasang oleh pelaku.

Lalu bagaimana cara mengantisipasinya? BI merilis tips untuk menghindari skimming. Berikut ini adalah kiat-kiat menghindari skimming;

 

1. Melindungi kerahasiaan PIN antara lain dengan menutup dengan tangan ketika memasukkan PIN sehingga PIN tidak dilihat oleh pihak lain, ataupun tidak terpancing memberikan PIN kepada pihak lain yang seolah-olah merupakan petugas bank dan meminta nasabah untuk menyebutkan atau menginput nomor PIN.

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyebarkan kiat-kiat kepada masyarakat, melalui media massa, agar nasabah terhindar dari pembobolan dana melalui mesin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News