Sabtu, 01 November 2014 | 11:04:26
Home / Teknologi / Komunikasi / HP pada Anak ABG Jadi Sumber Konflik

Kamis, 22 April 2010 , 07:31:00

BERITA TERKAIT

DARI hasil survey terbaru didapatkan bahwa anak-anak belasan tahun sudah akrab dengan SMS sebagai alat komunikasi. Namun mobile phone sering menjadi sumber pertentangan anak dengan orang tua dan pihak sekolah.

Menurut hasil study yang direlease hari Selasa oleh peneliti di Pew Research Center dan Universitas Michigan, anak belasan tahun ini sering melakukan interaksi dengan pesan singkat atau berbicara “face to face” terhadap sesamanya. Sebanyak 3/4 dari anak-anak belasan tahun ini telah memiliki telepon seluler sendiri. Ini mengalami peningkatan dibanding 2004 yang hanya mencapai sekitar 45 persen. Dari mereka yang memiliki telepon seluler ini 88 persen melakukan sms. Melonjak dibanding 2006 yang hanya 50 persen saja.

Seperti dimuat AP (Associated Press), penggunaan anak-anak baru gedhe (ABG) ini juga menjadi sumber konflik  dengan orangtua dan sekolah. Banyak orangtua membatasi penggunaan handphone pada anaknya. Sebanyak 48 persen orang tua mengatakan bahwa hp digunakan untuk memonitor keberadaan  anak mereka. Juga menggunakan GPS technology atau menelpon anak ketika mereka masuk sekolah. Tidak mengherankan bahwa orangtua dari anak perempuan yang berusia 12 dan 13 tahun, lebih sering memonitor penggunaan hp anak mereka.

Dari survey ditemukan ada beberapa sekolah yang melarang penggunaan hp di kelas. Walaupun lebih dari separuh anak-anak yang punya hp ini mengatakan bahwa mereka pernah mengirim sms selama berada di dalam kelas walaupun ada larangan ini.

Terkait penggunaannya, hanya 4 persen dari anak belasan tahun ini yang mengatakan bahwa mereka pernah mengirim kata-kata sexual tidak senonoh atau foto mereka sendiri yang mendekati telanjang, kepada kawannya lewat sms. Survey ini dilakukan pada 800 orang anak belasan berumur 12-17 tahun dan orangtuanya pada Juni hingga Sept 2009. Survey ini mempunyai margin sampling error 4 persen. (sam/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 21.01.2011,
        00:33
        Suara warga karyawan
        Rs sriwijaya eye centre.perlu ditindak ulang karna tdk memenuhi syarat.1. Instalasi terkait telah bermain(gayus)depnaker, depkes dan yg lain From mobile
      2. 09.01.2011,
        05:40
        Lsm palembang
        Rs sriwijaya eye centre gedung rmh skt termega di palembang,tapi dalamnya bobrok,gmn gk bobrok jaminan gaji maupun tunjangan lain tuk karyawan tdk memadai,memperkaya pmlk rs pribadi From mobile