Gandeng FBI Lacak Pembuat Situs Sonata

Gandeng FBI Lacak Pembuat Situs Sonata
Gandeng FBI Lacak Pembuat Situs Sonata
JAKARTA -- Mabes Polri bergerak cepat merespon pesan jihad Abdullah Sonata di internet. Selang sehari setelah dimuat Jawa Pos (JPNN), situs yang beralamat di  http://7ihadmedia.wordpress.co m langsung diblokir. Itu setelah Cybercrime Bareskrim Mabes Polri berkoordinasi dengan Federal Bureau of Investigation ( FBI) Amerika Serikat. "Saya mendapat informasi dari Kombes Faisal dari Cybercrime bahwa sudah ada koordinasi dengan FBI terkait situs internet itu," ujar Kepala Bidang Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Zulkarnain pada Jawa Pos kemarin (16/05).

Polri mengaku tak bisa berbuat apapun untuk menghambat seseorang membuat situs pro teroris. "Itu kewenangannya wordpress yang pusatnya di Amerika Serikat, mereka punya free space untuk setiap orang berkreasi," katanya. Sebelumnya, Abdullah Sonata buron utama Densus 88 Mabes Polri mengirim pesan dari pelarian. Dalam naskahnya, Sonata meminta bantuan para alumni daerah konflik dan eks narapidana terorisme untuk bergabung ( Jawa Pos 16/05). Sonata juga mengecam mantan teroris yang justru membantu polisi.

Zulkarnain menjelaskan, dalam kasus-kasus terorisme, biasanya respon Amerika Serikat lebih cepat. "Ini kasus yang khusus jadi ada atensi tersendiri," katanya. Ucapan mantan Kabid Bina Mitra itu memang terbukti. Nyatanya, website itu langsung down sore kemarin. Meski begitu, masih ada beberapa alamat yang lolos blokir seperti http://azzamalqitall.wordpress .com yang masih bisa diakses.

Koordinasi Unit Cybercrime Mabes Polri dengan FBI juga dilakukan untuk melacak otensitas pembuat pesan. "Koordinasi itu termasuk dalam rangkaian pengungkapan jaringan pendukungnya di dunia internet," kata Zulkarnain.

JAKARTA -- Mabes Polri bergerak cepat merespon pesan jihad Abdullah Sonata di internet. Selang sehari setelah dimuat Jawa Pos (JPNN), situs yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News