Kemdiknas Siapkan Beasiswa Bagi 200 Ribu Guru SD

Kemdiknas Siapkan Beasiswa Bagi 200 Ribu Guru SD
Kemdiknas Siapkan Beasiswa Bagi 200 Ribu Guru SD
JAKARTA- Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal, menyebutkan saat ini masih terdapat 900 ribu guru Sekolah Dasar (SD) yang belum memiliki ijazah Strata Satu (S1). Menurut Fasli Jalal, hal ini disebabkan oleh faktor kondisi wilayah di beberapa daerah yang kurang mendukung bagi para guru tersebut untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Untuk menggenjot peningkatan kualifikasi guru SD ini, pemerintah memutuskan akan memberikan beasiswa khusus untuk 200 ribu guru per tahunnya. Bantuan ini belum termasuk bantuan beasiswa dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Jika diakumulasikan, kemungkinan berjumlah sekitar 400 ribu guru yang akan mendapatkan beasiswa untuk mendapat gelar sarjana,” terang Fasli Jalal.

Fasli yang masih menjabat sebagai Dirjen Pendidikan Menengah Tinggi (Dikti) ini menambahkan, apabila guru tersebut telah memiliki gelar sarjana, maka akan memudahkan guru untuk mengikuit uji sertifikasi. “Jika sudah lulus dan mengantongi ijazah S1, maka pemerintah secara otomatis akan memberikan tunjangan sama dengan satu kali gaji pokok pegawai negeri. Bahkan, jika guru tersebut mau mengajar di tempat terpencil maka selain tunjangan profesi bagi yang telah bersertifikat maka akan ditambah dengan gaji dan tunjangan khusus,” jelasnya.

Disinggung mengenai penyaluran tenaga pendidik dari pusat ke daerah, Fasli menerangkan, saat ini tenaga pengajar direncanakan oleh kabupaten/kota yang kemudian diverifikasi oleh provinsi. Selanjutnya, Kemdiknas akan melakukan pengecekan ulang mengenai kekurangan guru per mata pelajaran dan per lokasi di kabupaten/kota.

JAKARTA- Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal, menyebutkan saat ini masih terdapat 900 ribu guru Sekolah Dasar (SD) yang belum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News