AS Temukan Mineral Berharga di Afghanistan

Bernilai Lebih dari USD 1 Triliun

AS Temukan Mineral Berharga di Afghanistan
AS Temukan Mineral Berharga di Afghanistan
KABUL – Banyak pihak bertanya-tanya tentang motif Amerika Serikat yang begitu ngotot ingin menduduki Afghanistan. Selama ini AS selaliu berdalih ingin menegakkan demokrasi di negeri yang larut dalam konflik berkepanjangan itu.

Namun temuan para ahli geologi AS di Afganistan ini barangkali memberi sudut pandang lain. Para ahli geologi AS dilaporkan telah menemukan banyak mineral berharga di Afghanistan. Temuan mineral yang belum termanfaatkan itu nilainya mencapai lebih dari USD 1 triliun.

Juru bicara pemerintah Afghanistan, Waheed Omar, menyatakan bahwa Badan Survei Geologi AS (USGS) yang bekerja di bawah kontrak Pemerintah Afghanistan telah melakukan survei dan menemukan mineral berharga. "Hasil surveinya menunjukkan bahwa Afghanistan memiliki sumber daya mineral bernilai USD 1 triliun," ujar Omar seperti dikutip AP, Senin (14/6).

Meski demikian, temuan itu belum menunjukkan keseluruhan harta terpendam di negeri yang sarat konflik kitu. "Ini bukan survey menyeluruh atas kandungan mineral di Afghanistan," lanjut Omar.

KABUL – Banyak pihak bertanya-tanya tentang motif Amerika Serikat yang begitu ngotot ingin menduduki Afghanistan. Selama ini AS selaliu berdalih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News