Jumat, 22 Agustus 2014 | 16:52:23
Home / Berita Daerah / DKI Jakarta / Diperkirakan Padat Hingga H-2

Selasa, 07 September 2010 , 08:43:00

BERITA TERKAIT


JAKARTA-Empat hari menjelang hari raya Idul Fitri 1431 Hijriah, ribuan calon penumpang mulai memadati Terminal Penumpang Nusantara Pura II di Pelabuhan Tanjung Priok. Berdasarkan pantauan , ruang embarkasi keberangkatan mulai menunjukkan kepadatan. Data di pelabuhan menunjukkan, sejak 26 Agustus hingga 5 September sudah ada 14.187 penumpang berlayar meninggalkan Jakarta.

Dibandingkan dengan periode yang sama setahun lalu, terdapat penurunan hingga 1.067 penumpang atau sekitar enam persen. ’’Hari ini, aktivitas makin padat karena sekitar delapan ribu orang memadati pelabuhan Tanjung Priok. Ini sesuai dengan perkiraan kami,’’ kata Suswibowo, Manajer Terminal Penumpang Nusantara Pura II Pelabuhan Tanjung Priok.

Kapal yang tengah besandar di dermaga adalah KM Gunung Dempo yang bertujuan ke Surabaya, Ujung Pandang dan Sorong, Papua. Selain itu, pihaknya juga akan memberangkatkan tiga kapal lainnya pada hari ini. Yaitu, KM Kelud tujuan Batam dan Belawan dengan kapasitas tiga ribu penumpang. Kapal ini berangkat Selasa dinihari tadi. Ada juga KM Marissa tujuan Pontianak dan KM Sylvia tujuan Bangka.
 
Hingga kemarin, kepolisian belum menerima laporan adanya tindak semacam pembiusan maupun bentuk kejahatan lainnya. ’’'Selama ini kondisi masih aman dan belum ada gejolak berarti,’’' ujar Kapospam Pelabuhan Tanjung Priok Iptu Ni Ketut Suartini. Di Stasiun Kereta Api Jatinegara, menunjukkan penurunan jumlah pemudik dari hari sebelumnya. Hingga pukul 12.00, jumlah pemudik yang diberangkatkan baru mencapai 1.929 penumpang saja. Sehari sebelumnya, jumlah pemudik yang diberangkatkan sebanyak 3.771 penumpang.

Pada H-7 lalu, jumlah penumpang di Stasiun Jatinegara sempat mengalami lonjakan. Ketika itu, jumlah penumpang yang diberangkatkan mencapai 5.249 penumpang. Namun, pada H-6 jumlahnya menurun menjadi 4.593 penumpang dan pada H-5 kembali menurun menjadi 3.771 penumpang. Sedangkan untuk H-4 hingga pukul 12.00 jumlahnya hanya 1.929 penumpang. ’’Kami memprediksi jumlah penumpang akan kembali naik dan mencapai puncaknya pada H-2 Lebaran,’’ ujar Satya Gunada, Wakil Kepala Stasiun KA Jatinegara, kemarin
Di Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kampung Rambutan kenaikan penumpang mulai terlihat. Pada H-7, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan mencapai 5.433 penumpang dan bus yang berangkat mencapai 520 unit. Kemudian pada H-6 sebanyak 9.819 penumpang dan 608 bus. Lalu pada H-5, sebanyak 13.132 penumpang dan 661 bus.
Kepala Terminal Bus AKAP Kampung Rambutan Silvana Siregar mengatakan, jumlah pemudik yang menggunakan bus di terminal Kampung Rambutan terus mengalami peningkatan sejak H-7 hingga kemarin.

Sementara, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) memprediksi arus mudik akan mulai padat pada hari ini atau hingga H -2 menjelang Lebaran. Jumlah penumpang diprakirakan bisa mencapai mencapai 160.900 orang per hari. ’’Tahun ini diprediksikan terjadi peningkatan jumlah pergerakan penumpang sekitar 25 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya,’’ kata Kepala Posko Lebaran Bandara Soekarno-Hatta  Jaya T Sirait di Terminal 1, 2, dan 3 Bandara, kemarin.

Manajer Humas PT Angkasa Pura II, Andang Santoso menjelaskan, rencana penambahan penerbangan untuk angkutan Lebaran tahun ini mencapai 492 penerbangan atau sama dengan penambahan 74.200 tempat duduk. Rinciannya, 126 penerbangan yang setara dengan 23.072 kursi tambahan untuk penerbangan internasional dan penerbangan domestik tercatat 366 penerbangan tambahan. ’’Data ini masih merupakan prediksi berdasarkan permintaan dari maskapai penerbangan. Bisa saja data tersebut berubah-ubah berdasarkan kebutuhan dari maskapai penerbangan,’’ kata Andang.

Penambahan penerbangan domestik adalah tujuan Denpasar sebanyak 112 penerbangan, Yogyakarta 100 penerbangan, Padang 36 penerbangan, Surabaya 34 penerbangan, dan Solo 26 penerbangan. Untuk Pontianak dan Palembang masing-masing sebanyak 18 penerbangan tambahan, Batam 12 penerbangan, dan Lubuk Linggau 10 penerbangan. Berdasarkan pantaun INDOPOS, suasana di Terminal 1, 2, dan 3 pada Senin ini masih terlihat sepi. Tak terlihat antrian panjang atau penumpukan penumpang pada pintu masuk dan meja pendaftaran kembali penumpang di maskapai-maskapai penerbangan. (mom/mos/gin/bud)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar