Kamis, 02 Oktober 2014 | 19:31:00
Home / Olahraga / Olimpiade / Maung Akui "Mutiara Hitam" Tangguh

Minggu, 27 Maret 2011 , 14:49:00

Pemain Persipura. Dok.JPNN
Pemain Persipura. Dok.JPNN
BERITA TERKAIT

BANDUNG-Menjamu Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat petang ini, makin mempersulit langkah Persib Bandung untuk lolos dari papan bawah klasemen Liga Super Indonesia (LSI). Memiliki materi pemain yang sama-sama bagus, Persipura lebih beruntung karena saat ini tengah berada di posisi puncak klasemen sementara. Sedangkan Maung Bandung, masih terengah-engah untuk merangkak dari papan bawah menuju papan tengah klasemen.

Bermain dikandang sendiri, Maman Abdurahman cs mengusung target poin sempurna dalam laga kali ini, meski terbilang berat. Jauh-jauh dari Jayapura, tentu Boaz Salossa cs akan berusaha sebaik mungkin untuk mencuri poin di kandang lawan, demi mengamankan posisi puncak klasemen hingga penghujung kompetisi.

Saat ditemui Radar Bandung (grup JPNN) usai sesi latihan di Stadion Siliwangi kemarin (26/3), Pelatih Daniel Roekito berharap timnya mampu memaksimalkan tiga poin di kandang sendiri, saat menjamu Persipura petang ini. Daniel mengakui, Persipura merupakan sebuah tim yang tangguh dan sulit untuk ditaklukkan. Namun Daniel berharap, dengan menjalani skema menyerang Maung Bandung mampu memaksimalkan laga, seperti saat menjungkalkan Persiwa Wamena 5-2, Kamis lalu.

"Persipura merupakan tim yang bagus dan harus kita perhitungkan. Mereka memiliki materi pemain yang bagus, tetapi kita tetap akan berusaha memaksimalkan main di kandang. Kita akan tampil menyerang, untuk menjaga poin kandang. Anak-anak sudah tampil bagus kemarin. Mereka sejauh ini sudah tidak ada masalah, kita akan memaksimalkan materi pemain yang ada," ujar Daniel.

Daniel menambahkan, absennya dua pemain andalan Persipura akibat akumulasi kartu kuning, Gerald Pangkali dan Immanuel Wanggai, dapat dimaksimalkan Persib nanti malam. Meski demikian, Daniel pun tak menampik bahwa anak asuhnya pun harus mewaspadai pemain pelapis, mengingat Persipura memiliki materi pemain yang merata baik di posisi utama maupun pelapis.

"Ada dua pemain Persipura yang absen, semoga kita mampu memanfaatkannya. Tetapi kita tetap waspada, karena pemain pengganti juga bagus. Kita harus mewaspadai semua pemain Persipura, agar tidak kecolongan lagi," ucapnya.

Dalam laga kali ini, Maung Bandung tampil masih dengan kondisi timpang. Beberapa pemain kunci seperti Cristian Gonzales, Eka Ramdani, Jejen Zainal Abidin, dan Munadi masih dalam tahap pemulihan cedera dan diragukan tampil pada laga nanti. Namun Daniel tetap optimistis saat menjamu skuad asuhan Jacksen F Thiago nanti malam.

"Kita masih ada beberapa pemain yang masih dalam pemulihan cedera. Gonzales, Eka, Jejen, dan Munadi sudah perlahan sembuh, tetapi masih butuh istirahat untuk pemulihan. Kalau Agung, dia sudah pulih dari cederanya.Kita tetap mempertahankan formasi dan pemain  seperti pertandingan lawan Persiwa kemarin," pungkasnya.

Sementara dari Persipura, setelah sebelummnya Bio Paulin Pierre yang absen lantaran akumulasi kartu, pada laga kali ini dapat kembali bermain. Namun absennya Gerald dan Wanggai, diakui oleh Jacksen akan mempengaruhi pertahanan mereka, mengingat kedua pemain tersebut merupakan benteng pertahanan kokoh yang sangat diandalkan "Mutiara Hitam".

"Ini menjadi perjuangan yang berat. Kami bermain tandang dengan pemain tengah yang absen, belum lagi Bandung tentu tak ingin kalah," kata Jacksen. Situasi sulit ini membuat alenatore asal Brazil tersebut harus menghitung kembali kekuatan tim. Meski tak menyebut target realistis yang ingin dicapai, namun paling tidak hasil draw sudah dianggap bagus.

Dengan absennya dua gelandang tersebut otomatis Jacksen harus mencari pemain yang bisa menutup celah di tengah. Nama Kristian David Uron diperkirakan akan diturunkan, namun untuk posisi yang ditinggal Manu jelas perlu pertimbangan lebih. Selain nama Kristian David Uron masih ada nama David Laly maupun Moses Banggo, namun dua pemain ini memiliki typical sebagai gelandang serang. Pilihan lainnya adalah memasukkan Yohanis Tjoe sebagai pelapis.

Jacksen memang tak ingin membuka strategi yang akan digunakan nanti, termasuk pemain siapa yang akan diturunkan. Namun prediksinya Jacksen akan mendorong Victor ke tengah, sementara posisi belakang akan ditempati Ortisan Solossa bersama Hamka Hamzah dan Bio Paulin Pierre.

Jacksen mengakui ada perubahan signifikan yang terjadi di kubu Persib. Setelah merekrut dua pemain asing, Matsunaga dan Miljan Radovic secara otomatis kekuatan tim yang dijuluki Maung Bandung  ini bertambah kuat. Keduanya menjadi momok baru bagi tim lawan apalagi Miljan baru saja mencetak hatrick ke gawang Persiwa dan Matsunaga sendiri telah mengemas tiga gol dari empat laga yang dimainkan. 

"Dari dulu saya tetap menganggap Persib adalah satu kekuatan sepakbola di Indonesia. Lihat saja, di tiap lini mereka memiliki pemain nasional bahkan kemarin memperkuat Timnas di Piala AFF dan soal posisi klasemen saya tidak terlalu mempercayai," tegasnya. "Pemain baru Persib membuat mereka semakin kuat," tambahnya.

Ia cuma berharap, para pemainnya bisa lebih disiplin menutup pergerakan pemain Persib. Persipura sendiri memiliki catatan positif di musim lalu di kandang Persib. Saat itu Persipura berhasil menahan imbang Persib Bandung dengan skor kacamata. Namun pertandingan tersebut harus dibayar mahal dengan dikeluarkannya 5 kartu kuning dan 1 kartu merah yang diberikan kepada Ortisan Solossa.

"Saya pikir yang penting pemain bisa lebih disiplin, menang bukan hal yang mudah apalagi mereka tambah bagus yah kami berhadap doa semuanya semoga hasil yang diinginkan bisa sesuai," tandas Jacksen.  (ytn/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 27.03.2011,
        16:10
        rahmad
        pesipura kamu hrs bisa.kasih 2-0