Anak Presiden Jokowi Besok Tes CPNS

Anak Presiden Jokowi Besok Tes CPNS
Anak Presiden Jokowi Besok Tes CPNS

jpnn.com - JAKARTA - Setiap warga negara berhak memilih pekerjaan sesuai dengan keinginannya. Termasuk bagi Kahiyang Ayu, anak kedua Presiden Joko Widodo.

Menurut jadwal yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Solo, Kahiyang akan mengikuti ujian CPNS 2014 di Bakorwil Jawa Tengah besok (23/10).
 
Kahiyang dinyatakan telah lolos seleksi administrasi. Perempuan kelahiran 1991 itu melamar itu melamar formasi Pemeriksa Pertama di jajaran Pemkot Solo. Total alokasi formasi CPNS 2014 di Pemkot Solo berjumlah 56 kursi. Khusus untuk jabatan pemeriksa pertama yang bisa dilamar sarjana semua jurusan tersedia tiga lowongan.

Kahiyang memilih jalur pelamar semua jurusan karena dia alumni Teknologi Pangan Fakultas Pertanian Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.
 
Apakah Kahiyang akan tetap mengikuti rangkaian tes CPNS" Tentu jawabannya bisa dibuktikan langsung di lokasi ujian besok. Kemudian apakah putri Presiden ketujuh Indonesia akan lulus ujian?
 
Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, penyelenggaraan tes CPNS itu sudah ada norma-normanya. "Baik itu norma untuk panitia penyelenggara maupun norma peserta ujian. Kedua pihak harus menjalankan norma-norma itu," kata dia kemarin.
 
Herman menjelaskan semua warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlakuan yang sama. Termasuk ketika ada anak Presiden ingin mengikuti tes CPNS, tetap harus dilayani sebagaimana pelamar pada umumnya.

Dari sisi substansi ujian CPNS, panitia penyelenggara tidak boleh memberikan perlakuan khusus kepada siapapun peserta tes.
 
"Kalau putri Pak Jokowi itu kompeten dan lulus tes, maka bisa jadi CPNS. Tetapi jika tidak, ya tidak lolos ujian," papar Herman.

Dia menegaskan dalam sistem administrasi pemerintahan, tidak ada kebijakan yang mengatur anak Presiden dilarang menjadi CPNS.
 
Herman menuturkan bukan kali ini saja ada keluarga petinggi pemerintahan mengikuti tes CPNS. Pada pelaksanaan tes CPNS edisi sebelumnya, dikabarkan ada keluarga Menteri PAN-RB yang mengikuti tes CPNS.

Tetapi setelah tahap penilaian,  yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus ujian. Padahal jika dikaitkan dengan posisi Menteri PAN-RB, sangat dekat dengan urusan pengadaan CPNS.
 
Kelulusan seleksi administrasi Kahiyang sebelumnya diumumkan oleh Kepala BKD Kota Solo Hari Prihatno. Dia mengatakan jajaran Pemkot Solo tidak memberlakukan pelayanan khusus kepada pelamar CPNS. Dia juga belum bisa memastikan apakah Kahiyang akan datang mengikuti ujian atau tidak. (wan)


JAKARTA - Setiap warga negara berhak memilih pekerjaan sesuai dengan keinginannya. Termasuk bagi Kahiyang Ayu, anak kedua Presiden Joko Widodo. Menurut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News