11 Sungai di Kalteng Rusak Parah

11 Sungai di Kalteng Rusak Parah
11 Sungai di Kalteng Rusak Parah
PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Ahmad Diran menyebutkan bahwa sedikitnya 11 sungai besar di Kalteng mengalami kerusakan yang sangat parah. Kerusakan itu meliputi kerusakan betang sungai, pendangkalan sungai, pinggiran sungai yang gundul dan air sungai yang sudah tercemar limbah berbahaya.  

"Kerusakan ini terjadi akibat pengelolaan lingkungan hidup yang salah," kata Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran pada acara Seminar Lingkungan Lingkungan Lerstari Hutan Kalimantan yang diramu dalam Pertemuan Mapala Regional Kalimantan (PRMK) di aula rektorat Universitas Palangkaraya.

Pengelolaan yang salah itu di antaranya terhadap pengelolaan hutan yang tidak memperhatikan kelangsungan lingkungan hidup di masa yang akan datang dan berkibat hutan gundul, meluasnya lahan kritis, menjadi langganan kebakaran hutan dan lahan, langganan banjir, tanah longsor, ekosistem alam yang rusak, infrastruktur tertinggal, pendidikan tertinggal, kemiskinan, dan kekurangan gizi.

Selain itu, konversi hutan untuk perkebunan sawit dan pertambangan yang tidak memperhatikan analisis dampak lingkungan hidup juga menjadi salah satu penyebab rusaknya daya tangkapan air sungai.

PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Ahmad Diran menyebutkan bahwa sedikitnya 11 sungai besar di Kalteng mengalami kerusakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News