15 Events Spektakuler Dongkrak Wakatobi sebagai Wisata Bahari Kelas Dunia

15 Events Spektakuler Dongkrak Wakatobi sebagai Wisata Bahari Kelas Dunia
Menpar Arief Yahya. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Events dan destinasi itu mirip ikan dan terumbu karang! Saling menghidupi, saling bertaut satu dengan lainnya.

Karena itulah Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meminta semua destinasi untuk mempromosikan events-nya lebih gencar, lebih masif, dan lebih mendunia.

Pernyataan itu disampaikan Menpar Arief Yahya saat me-launching Calender of Event Wakatobi di Balairung Soesilo Sudarman, Kantor Kementrian Pariwisata, Kamis (20/4).

Dia didampingi Gubernur Sulawesi Tenggara H. Nur Alam dan Bupati Kabupaten Wakatobi H Arhawi. Wakatobi yang sudah ditetapkan sebagai 10 Bali Baru ini bakal menggelar 15 event spektakuler sepanjang sisa tahun 2017 ini.

“Setelah ditetapkan Presiden Joko Widodo menjadi 10 destinasi prioritas, Kabupaten Wakatobi ini akan kita jadikan sebagai destinasi utama kelas dunia, terutama wisata baharinya yang sudah di anugerahkan memiliki potensi bawah laut yang kaya akan terumbu karang itu,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief yang mengenakan udeng khas Wakatobi mengatakan, untuk event di Wakatobi, sudah banyak kemajuan dari banyaknya event yang sudah ada di tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya hanya memiliki satu sampai empat event saja.

“Saya berikan contoh kabupaten yang memiliki event terbaik, yaitu Solo dan Banyuwangi. Mereka membuat calender of event, yang berani mereka luncurkan dalam kurun waktu setahun sebelumnya, dan itu fixed schedule. Sekarang sedang saya pelajari statistik semakin banyak event itu maka pendapatan perkapita kedua kota itu semakin bagus. Berikutnya mohon dicarikan top 3 event-nya," ujar Mantan Dirut PT Telkom ini.

Untuk Wakatobi, Menpar Arief Yahya meminta pemerintah setempat menyediakan lahan 300 hektare, yang nantinya akan dijadikan Badan Otorita Pariwisata seperti Nusa Dua Bali.

Events dan destinasi itu mirip ikan dan terumbu karang! Saling menghidupi, saling bertaut satu dengan lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News