Kamis, 27 Juli 2017 – 21:52 WIB

16 Permainan Tradisional Indonesia Ditampilkan di Inggris

Selasa, 18 Juli 2017 – 14:31 WIB
16 Permainan Tradisional Indonesia Ditampilkan di Inggris - JPNN.COM
SHARES

jpnn.com, LONDON - Sebanyak 16 permainan tradisional diperkenalkan pada event Indonesian Weekend di London, 22-23 Juli 2017.

Kali ini, Subdit Diplomasi Budaya Luar Negeri, Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali mengutus Gudang Dolanan Indonesia untuk memperkenalkan permainan tradisional Indonesia.

Selain permainan tradisional Indonesia, pencak silat, seni tato, kuliner dan lain sebagainya.  

Dedengkot permainan tradisional Indonesia Endi Aras mengatakan, 16 permainan itu di Indonesia sendiri sudah jarang dimainkan oleh anak-anak.

Ke-16 jenis permainan yang menggunakan alat itu adalah, gasing, congklak, yoyo, engsreng (gelindingan dari velg sepeda), kelereng, lompat karet, kapal otok-otok, egrang batok, pletokan, telepon kaleng, alarm kaleng, bedil jepret, dam-daman, sepak bola pantul, bekel, dan oreg-oreg bambu.

Beberapa permainan tradisional tersebut adalah sebagian dari 2.500 permainan tradisional yang dimiliki dan tersebar di Indonesa.

Menurut Endi,  permainan-permainan tradisional tersebut memiliki nilai nilai luhur yang terkandung di dalamnya.

Ini untuk kedua kalinya dia mendapat tugas ke London. Tahun lalu, dalam event yang sama, Endi telah membawa gasing seluruh Indonesia.

loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini