2 Kapal Tol Laut Terbaru Diluncurkan untuk Layani Indonesia bagian Timur

2 Kapal Tol Laut Terbaru Diluncurkan untuk Layani Indonesia bagian Timur
PT Bahtera Bahari Shipyard (BBS) meluncurkan kapal KM sabuk Nusantara 112 danKM Sabuk Nusantara 115 di kawasan PT PT Bahtera Bahari Shipyard (BBS) Punggur, Minggu (28/5). Kedua kapal ini merupakan kapal perintis mensukseskan tol laut yang dicanangkan Presiden Jokowi. F Cecep Mulyana/Batam Pos/jpg

jpnn.com, BATAM - Dua kapal tol laut yang baru yakni KM Sabuk Nusantara 112 dan KM Sabuk Nusantara 115, Minggu (28/5), diluncurkan PT Bahtera Bahari Shipyard (BBS), di Nongsa, Batam, Kepri.

Kapal 100 persen asli buatan Batam ini, akan dioperasikan untuk mensukseskan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Indonesia bagian timur.

"Kapal perintis ini, dapat menampung lebih dari 200 penumpang," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub, Bay Mokhamad Hasani kepada Batam Pos (Jawa Pos Group) kemarin.

Renacananya kapal ini akan dioperasikan mulai 2018 awal. Dan diharapkan dapat membantu kelancaran transportasi penduduk di Indonesia bagian timur.

"Kapal-kapal perintis seperti dicanangkan ada 100 unit, dan sudah selesai pembangunannya sebanyak 70 unit. Dan salah satunya PT BBS yang ikut andil dalam pembangunan kapal tol laut ini," ujarnya.

Dia menjelaskan kapal-kapal perintis ini nantinya akan melalui rute-rute yang tak dijalani oleh pihak swasta. Dimana rute tersebut masih belum terlalu menggiurkan untuk pihak swasta.

"Oleh sebab itu Pemerintah yang turun langsung, untuk menjalankan rute-rute ini," tuturnya.

Bay mengatakan sangat mengapresiasi kinerja PT BBS. Dia mengatakan kapal karya anak bangsa ini, sangat layak. "Murni buatan Indonesia, semoga ke depan makin lebih jaya dan maju lagi," ujarnya.

Dua kapal tol laut yang baru yakni KM Sabuk Nusantara 112 dan KM Sabuk Nusantara 115, Minggu (28/5), diluncurkan PT Bahtera Bahari Shipyard (BBS),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News