2018, Jalur Ganda Bogor-Sukabumi Ditargetkan Rampung

2018, Jalur Ganda Bogor-Sukabumi Ditargetkan Rampung
Jalur kereta api. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Pemerintah saat ini sedang mengerjakan proyek jalur ganda (double track) kereta api lintas Bogor-Sukabumi.

Dengan adanya jalur ganda ini akan memperlancar aksesibilitas warga dari dan ke Sukabumi.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada saat meninjau persiapan pengerjaan pembangunan double track Bogor-Sukabumi di Stasiun Cicurug, Sukabumi belum lama ini.

“Kami harapkan dalam satu tahun mulai tahun ini sampai 2018 dapat kami selesaikan pengerjaan jalur ganda ini. Dengan adanya jalur ganda ini tentunya akan menambah fungsi aksesibilitas warga dari dan ke Sukabumi menjadi lebih baik,” kata Budi.

Pembangunan double track Bogor-Sukabumi diperkirakan menelan dana Rp. 1,1 triliun dengan menggunakan dana APBN hingga 2020.

Pada 2017 telah dilakukan penyusunan dokumen Basic Engineering Desain (BED) Bogor-Sukabumi dan Detail Engeneering Desain (DED) jalur ganda antara Cigombong-Cicurug sepanjang 7,7 km dengan perkiraan dana yang dibutuhkan Rp 280 miliar.

Untuk anggaran telah disediakan Rp 178 miliar pada 2018 guna pengerjaan 4,5 km jalur Cigombong-Cicurug. Sisanya akan dianggarkan pada tahun anggaran berikutnya.

Selain pembangunan double track Bogor-Sukabumi, juga dikerjakan rehabilitasi jalur Sukabumi-Cianjur dan reaktivasi jalur Cianjur-Padalarang.(chi/jpnn)


Selain pembangunan double track Bogor-Sukabumi, juga dikerjakan rehabilitasi jalur Sukabumi-Cianjur dan reaktivasi jalur Cianjur-Padalarang.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News