2019, Seluruh Moda Transportasi Ditargetkan Terintegrasi

2019, Seluruh Moda Transportasi Ditargetkan Terintegrasi
Kemacetan parah terjadi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (13/4/17). FOTO: FEDRIK TARIGAN/JAWA POS

jpnn.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan semua moda transportasi di Jakarta akan terintegrasi pada 2019 melalui implementasi konsep Smart City.

Smart City merupakan konsep penataan kota secara terintegrasi. Adapun solusi yang ditawarkan dalam konsep smart city adalah implementasi ITS (Intelligent Transportation System) dalam penataan transportasi perkotaan yang berkelanjutan.

Dalam kesempatan tersebut, Budi menyampaikan Kementerian Perhubungan selalu berkomitmen mendukung pengembangan smart city, khususnya di sektor transportasi perkotaan melalui penggunaan Intelligent Transportation System (ITS).

"Smart city ini kan kolaborasi dari beberapa sistem jadi satu sistem. Kami akan buat pembayaran pakai satu kartu, Jakarta One. Kalau ini bisa berjalan, maka kantong kita tidak tebal. Satu kartu bisa berfungsi di semua moda transportasi yang ada di Jakarta," tutur Budi.

Adapun salah satu hambatan terciptanya smart city yakni adanya pemain-pemain yang menerbitkan smart card.

Budi menambahkan, aplikasi ITS ini sudah banyak dikembangkan di Indonesia, seperti cashless payment yang sudah diterapkan pada gerbang tol dan transaksi moda transportasi publik, seperti TransJakarta dan KRL Jabodetabek.

"Proses cashless payment ini bisa mempercepat proses transaksi dan mengurangi kemacetan. Ke depannya, pemerintah akan membuat satu kartu untuk transaksi semua moda transportasi publik di Jakarta," tandas Budi.(chi/jpnn)


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan semua moda transportasi di Jakarta akan terintegrasi pada 2019 melalui implementasi konsep Smart


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News