3 Alasan Almond Ampuh Turunkan Berat Badan

3 Alasan Almond Ampuh Turunkan Berat Badan
Kacang almond. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Almond atau Prunus dulcis, adalah tanaman asli dari Timur Tengah. Di Indonesia, almond dikenal dengan nama lain, kacang badam. Almond sebenarnya bukan merupakan bagian dari kacang, tapi lebih pada buah berbiji yang memiliki kulit luar dan diselubungi cangkang keras. Karena bentuknya itu, banyak orang mengategorikannya sebagai kacang.

“Buah almond dikenal memiliki cita rasa yang gurih, bertekstur renyah, dan tentunya lezat. Tak jarang almond dijadikan taburan, campuran, atau menjadi kudapan. Tak hanya itu, di balik kenikmatannya, almond juga memiliki banyak manfaat yang bisa Anda petik untuk mendapatkan tubuh yang sehat,” kata dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter.

Lebih lanjut, dr. Devia menjelaskan bahwa almond menawarkan nutrisi penting bagi tubuh. Takaran 1 ons almond (setara dengan 28 gram) mengandung 3,5 gram serat, 6 gram protein, 14 gram lemak, 37 persen vitamin E, 20 persen magnesium, 32 persen mangan dari asupan yang disarankan, vitamin B2, dan fosfor dalam jumlah yang cukup.

Almond memiliki sejumlah kandungan alami yang baik bagi kesehatan tubuh. Satu hal yang membuat almond semakin menarik adalah karena kacang jenis ini juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan.

Lalu bagaimana almond bisa menjadi makanan bernutrisi yang ampuh untuk menurunkan berat badan? Berikut ini beberapa faktor yang melandasinya:

1. Almond kaya akan protein

Penelitian telah menemukan bahwa makanan berprotein tinggi - dalam hal ini almond - pada umumnya sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Satu studi menemukan, misalnya, bahwa diet rendah karbohidrat protein tinggi meningkatkan metabolisme.

Studi lainnya mengungkapkan bahwa memasukkan makanan berprotein tinggi dalam diet dapat membantu menekan nafsu makan. Saat mengonsumsi makanan berprotein tinggi, Anda akan cenderung tidak merasa lapar, bahkan ketika makan lebih sedikit.

Jika ingin menurunkan berat badan, masukkan almond sebagai salah satu komponen dalam menu sehat Anda.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News