3 Alternatif Ibu Kota Baru RI, Ini Pilihan Jokowi

3 Alternatif Ibu Kota Baru RI, Ini Pilihan Jokowi
Presiden Joko Widodo. Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi memilih alternatif ketiga dari tiga opsi ibu kota baru negara hasil kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4), Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyampaikan tiga opsi dengan kelebihan dan kekurangannya.

BACA JUGA: Pilpres Selesai, Jokowi Bahas Pemindahan Ibu Kota

Pertama, ibu kota tetap di Jakarta tetapi dibuat distrik khusus untuk pemerintahan. Yaitu daerah di seputar istana dan Monas dan sekitarnya akan dibuat khusus hanya untuk kantor pemerintahan, terutama kementerian atau lembaga negara.

Alternatif kedua adalah seperti Putra Jaya di Malaysia. Artinya lokasi ibu kota pemerintahan dipindahkan ke wilayah di dekat Jakarta, misalnya di sekitar Jabodetabek dengan memperhatikan ketersediaan lahan.

Ketiga adalah memindahkan ibu kota langsung ke luar Jawa. Langkah itu seperti Brasil yang memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia, atau mencontoh Canberra sebagai kapital bagi Australia yang letaknya di antara Sydney dan Melbourne.

BACA JUGA: 3 Alternatif Ibu Kota Baru Indonesia

Atas paparan Bambang, Jokowi langsung mengesampingkan opsi pertama dan kedua. "Kalau masih berpikir tiga alternatif tadi, kalau saya sih alternatif satu dan dua sudah tidak," ucap Jokowi dalam rapat yang akhirnya berlangsung tertutup.

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyampaikan tiga opsi dengan kelebihan dan kekurangannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News