3 Pola Sarapan Bagi Penderita Diabetes yang Salah

3 Pola Sarapan Bagi Penderita Diabetes yang Salah
ILUSTRASI Sarapan. Foto: India Times

jpnn.com - Bagi seorang penderita diabetes, pengaturan pola makan adalah suatu hal yang penting. Kerap kali, waktu sarapan menjadi waktu makan yang kurang mendapat perhatian, sehingga malah menjadi bumerang.

Tak hanya penderita diabetes, mereka yang sehat pun sering kali tidak memanfaatkan waktu sarapan dengan tepat, bahkan melewatkannya. Padahal, sarapan dengan menu dan pola yang benar bisa membawa banyak manfaat bagi kesehatan, terutama untuk penderita diabetes.

Ada berbagai kesalahan pola makan dan sarapan yang sering dilakukan oleh mereka yang memiliki diabetes, seperti di bawah ini:.

1. Melewatkan sarapan

Ini adalah kesalahan yang paling fatal. Demi menjaga kadar gula darah agar tidak melonjak tinggi, masih banyak orang yang berpikir melewatkan sarapan adalah salah satu caranya. Hal ini sama sekali tidak benar.

Melalui penelitian yang dimuat di jurnal Diabetes Care, telah dibuktikan bahwa penderita yang melewatkan sarapan akan mengalami peningkatan kadar gula hingga 37 persen setelah makan siang jika dibandingkan dengan hari di mana mereka tidak melewatkan sarapan.

Peningkatan ini pun bertahan hingga malam hari menjadi 27 persen lebih tinggi. Ini membuktikan bahwa sarapan penting bagi penderita diabetes.

Sempatkan bangun lebih pagi untuk sarapan. Dengan begitu, suasana hati Anda akan menjadi lebih baik dan pikiran pun lebih segar karena tidak terburu-buru memulai aktivitas.

Selain mengandung gula yang baik, menu ini juga mengandung banyak serat, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News