Senin, 29 Mei 2017 – 18:28 WIB

3 Tips Mudah Cegah Serangan Jantung

Jumat, 05 Februari 2016 – 18:50 WIB
3 Tips Mudah Cegah Serangan Jantung - JPNN.COM

Ilustrasi. Foto: AFP

SHARES

LONDON – Serangan jantung masih menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Salah satu yang membuat seseorang terkena serangan jantung ialah pola hidup yang tidak sehat.

Di antaranya ialah makan sembarangan, merokok dan minum alkohol. Selain itu, kolesterol yang tinggi juga membuat seseorang terkena serangan jantung. Berikut ini beberapa cara sederhana dan murah mencegah serangan penyakit jantung seperti dilansir laman Fox News, Jumat (5/2):

1. Membuat janji dengan dokter gigi.

Sama seperti usus, mulut  memiliki bakteri baik yang menguntungkan atau merugikan bagi pembuluh darah dan jantung. Jadi, selain perawatan pencegahan, tanyakan kepada dokter tentang tes DNA lisan yang bisa memberitahu Anda berapa banyak setiap jenis bakteri yang Anda miliki. Hal itu juga membantu dokter menyesuaikan rencana pengobatan untuk Anda.

2. Tes kolesterol.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, kelebihan berat badan atau obesitas, pola makan yang buruk dan riwayat keluarga penyakit jantung, dokter Anda juga harus melihat jumlah partikel LDL dan apolipoprotein B (apoB).

3. Menurunkan lemak perut.

Anda mungkin berpikir lemak perut hanya tanda semakin tua. Namun kelebihan lemak perut bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan kematian. Bahkan, sebuah penelitian terbaru di jurnal Annals of Internal Medicine menemukan, orang dengan rasio pinggang-pinggul besar lebih mungkin meninggal dini bahkan jika mereka memiliki BMI normal. (fny/jos/jpnn)

loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini