4 Atlet Renang Daerah Ini Bersaing ke Festival Akuatik

4 Atlet Renang Daerah Ini Bersaing ke Festival Akuatik
Empat atlet renang asal Maluku Utara akan mengikuti Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2017 di Palembang, 21 April - 1 Mei 2017. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com, TERNATE - Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2017 yang akan digelar di Palembang, 21 April - 1 Mei 2017 mendatang akan menjadi ajang seleksi sekaligus uji coba para atlet. Di multi event bersifat festival ini, Malut mengirimkan empat atlet renang. Malut sendiri hanya mengikuti cabang olahraga renang, sebab dari 10 cabang olahraga yang diperlombakan di FAI itu, renang adalah salah satunya. Sementara sembilan lainnya tidak ada di Maluku Utara.

Even yang dikemas dalam konsep multievent itu memperlombakan empat disiplin Olimpiade, yakni renang, renang indah, loncat indah, dan polo air. Ditambah satu event lagi yakni masters swimming. Ini guna menyambut berbagai multievent internasional yang akan diikuti oleh para atlet Indonesia dalam dua tahun ini, dimana puncaknya adalah Asian Games 2018.

"Ajang ini juga merupakan kejurnas bagi para atlet kita khususnya cabor renang. Kita memang hanya bisa mengirim cabor renang, karena cabor lain yang dipertandingkan di Akuatik ini belum ada di Malut,” kata Ketua Umum KONI Malut, Djafar Umar Rabu (19/4) kemarin.

Dalam disipilin renang (21-25 April), perlombaan akan menggunaan format Top 16 final. Yakni pembagian final menjadi dua babak, yakni final A diikuti oleh delapan perenang terbaik. Kemudian final B akan diikuti oleh perenang peringkat 9-16 dari seluruh KU yaitu 12-13 tahun, 14-15 tahun, 16-17 tahun, dan senior.

Sementara itu untuk disiplin renang indah (26-28 April), selain memperlombakan 20 nomor duet dan tim, cabang ini juga akan memperlombakan nomor baru yakni highlight. Total ada 55 perenang yang mendaftar dari beberapa kelompok umur, yakni KU-9 tahun, 10-12 tahun, 13-15 tahun, 16-18 tahun, +18 tahun, serta KU campuran.

“Semoga atlet renang kita bisa bersaing dengan atlet-atlet nasional di even ini. Sebab ini juga menjadi ajang penjaring untuk multi event internasional,” ujar Djafar.

Sementara Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Malut, Sahril Thahir mengatakan, PRSI Malut mengirimkan 3 perenang putri dan satu perenang putra. Keempat atlet yang akan mewakili Malut di ajang tersebut akan mulai berjibaku pada 21 April hingga 25 April mendatang. Meski persaingan di tingkat nasional itu cukup ketat, tapi ketum PRSI Malut memasang target pada empat perenang itu, yakni bisa masuk 5 besar.

“Target kita bisa masuk lima besar. Kalau untuk juara nanti dilihat di lapangan seperti apa. Tapi yang jelas, ajang yang kita ikuti ini adalah adalah kejuaraan nasional yang bisa menambah jam terbang atlet,” terang Sekretaris Komisi III Deprov Malut itu.

Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2017 yang akan digelar di Palembang, 21 April - 1 Mei 2017 mendatang akan menjadi ajang seleksi sekaligus uji coba

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News