4 Cara Mudah Mengatasi Kesepian

4 Cara Mudah Mengatasi Kesepian
Ilustrasi kesepian. Foto: Flickr

jpnn.com - Mungkin sebagian dari Anda pernah merasakan kesepian yang mendalam meskipun sudah berhubungan via chat atau video call bersama orang-orang kesayangan. Atau mungkin, Anda berada di suatu keramaian, tetapi bukannya euforia yang terasa, justru sepi yang melanda.

Memang ada kalanya hal itu terjadi. Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa keluar dari zona sepi tersebut. Dilansir dari Psychology Today, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi kesepian. Lagi pula, kesepian memang harus segera diatasi.

Sebab, menurut dr. NItish Basant Adnani BMedSc MSc dari KlikDokter, kesepian bisa berpengaruh buruk terhadap kondisi fisik dan mental seseorang. Jadi, bila Anda mengalaminya, lakukanlah cara-cara berikut ini untuk mengatasi kesepian:

1. Berbicara dengan orang asing
Obat ampuh saat merasa kesepian adalah berbicara. Dan terkadang, ada masanya orang terdekat Anda tidak bisa dihubungi untuk diajak berbicara atau sekadar mendengar suaranya. Sebagai gantinya, cobalah berbicara dengan orang asing yang Anda jumpai di tempat-tempat tertentu.

Misalnya saat pergi ke kedai kopi, Anda bisa mengobrol sedikit dengan barista atau pegawai kasir seputar kopi. Atau saat di kantor, meski Anda belum punya teman yang benar-benar dekat, cobalah berbicara mengenai kondisi kantor Anda saat bertemu dengan sekuriti.

Bila berkendara dengan ojek online, tak ada salahnya mengobrol dengan pengendara ojek. Lagi pula, biasanya pengendara motor lebih senang berkendara sambil mengobrol santai agar tak mudah stres karena kemacetan atau semerawutnya kondisi jalan. Jadi, sama-sama menguntungkan, bukan?

2. Mencoba pengalaman baru
Cobalah pergi traveling ke tempat-tempat yang belum Anda kunjungi, baik di dalam maupun luar negeri. Jalan-jalan sendiri ala backpacker juga tak kalah mengasyikkan, lo! Anda bisa mengatur rencana berlibur sesuai keinginan tanpa distraksi dari orang lain.

Anda pun akan bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai daerah, sehingga punya kesempatan untuk berkenalan dan berbagi pengalaman.

Tanpa Anda sadari, bisa jadi Anda menemukan kenyamanan tersendiri di tengah kesepian sekalipun, ketimbang selalu dikelilingi orang banyak. Jadi, nikmatilah dan atasi kesepian dengan baik.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News